Dirdok Kodiklatal Pimpin Sertijab Paban Prodok dan Sismet

TNI AL

Kodiklatal, (12/12).Direktur Doktrin (Dirdok) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto memimpin acara serah terima jabatan dua jabatan di lingkungan  Ditdok Kodiklatal, yaitu Paban I Prodok dan Paban III Sismet di Rupat Ditdok Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (12/12).

 Kolonel Laut (S) Muhammad Nuryanto dikukuhkan sebagai Paban I Prodok, yang beberapa waktu lalu sempat kosong. Sebelumnya, Pamen dengan melati tiga dipundak tersebut berdinas di Dislitbangal sebagai peneliti utama.

 Sedangkan jabatan Paban III Sismet diserahterimakan dari Kolonel Mar Edi Tri Esti Mulyantono kepada Kolonel Laut (E) Yudi Cahyadi yang sebelumnya berdinas di Koarmada I sebagai Sahli Panglima. Kolonel Mar Edi Tri Esti Mulyantono selanjutnya menjabat sebagai Koor Gumil Kodiklatal.

 Dalam sambutannya, Dirdok mengatakan bahwa Ditdok atau Direktorat Pembinaan Doktrin merupakan unsur pembantu pimpinan Kodiklatal, yang bertugas menyelenggarakan koordinasi untuk pembuatan usulan perencanaan program kerja dan menyelenggarakan pembinaan, penyusunan, pengujian, penerbitan, asistensi, supervisi dan evaluasi bidang doktrin dan petunjuk, organisasi serta Permildas di lingkungan TNI AL.

 Selain itu, lanjutnya, Ditdok Kodiklatal juga bertugas menyampaikan keterangan, pertimbangan dan saran kepada Pimpinan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang bidang doktrin dan petunjuk, organisasi serta Permildas.

Lebih lanjut Dirdok mengatakan bahwa serah terima jabatan ini merupakan suatu proses yang berkembang secara dinamis sesuai dengan tuntutan pembinaan personil dan tantangan tugas ke depan. Oleh karenanya melalui serah terima ini diharapkan akan tumbuh semangat baru,  ide dan pemikiran kreatif yang tidak hanya dapat membawa peningkatan kinerja akan tetapi juga mampu membawa peningkatan lembaga pendidikan Kodiklatal secara keseluruhan kearah yang lebih baik.

Paban I Prodok atau Program Pembinaan Doktrin adalah pelaksana Dirdok, bertugas menyelenggarakan koordinasi, penyusunan rencana dan melaksanakan dukungan program kerja pembinaan bidang doktrin, petunjuk, organisasi dan Permildas di lingkungan TNI AL.

Baca Juga :  SINERGITAS YONIF 8 MARINIR BERSAMA POLRES LANGKAT DALAM MENDUKUNG KEGIATAN VAKSINASI DI KAB. LANGKAT

 Sedangkan Paban III Sismet  bertugas menyelenggarakan pembinaan sistem dan metoda terkait doktrin dan petunjuk, penyusunan, pengujian, penerbitan, asistensi, supervisi, dan evaluasi bidang doktrin dan petunjuk.