Komandan Detasemen Polisi Militer Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo sebagai Narasumber Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di UNG.

TNI AL

Komandan Detasemen Polisi Militer Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo Kapten Laut (Pom) Agus Pribadi memberikan Edukasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Para Mahasiswa Universitas Negeri Girontalo (UNG) dalam rangka Program pendidikan Profesi Guru (PPG) di Ball Room Hotel TC Damhil Jl. Pangeran Hidayat, Dulalowo Timur, Kec.Kota Tengah, Kota Gorontalo. Jumat(14/12).

Danden Pomal Lanal Gorontalo dalam kesempatan ini sebagai narasumber mengatakan bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Dalam kenyataannya konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus di dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945.

Konsep kebangsaan itulah yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.
Konsep Wawasan kebangsaan Indonesia lanjutnya, menjadikan kita sebagai negara yang tidak dapat mengisolasi diri dari negara lain, dengan menjiwai semangat bangsa bahari yang terimplementasikan menjadi wawasan nusantara bahwa wilayah laut Indonesia adalah bagian dari negara kepulauan yang diakui dunia.

Negara Indonesia merupakan satu kesatuan dari semua aspek, dalam mewujudkan tujuan nasional yang mencakup aspek kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi serta kesatuan pertahanan keamanan.

Derasnya pengaruh globalisasi, bukan mustahil akan memporak porandakan adat budaya yang menjadi jati diri kita sebagai suatu bangsa, dan tentunya akan melemahkan rasa nasionalisme seperti diera mileneal saat ini, untuk itulah kalian sebagai calon penerus generasi bangsa harus dapat menjaga rasa nasionalisme dan kebangsaan dengan mempedomani nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. (Dispen Lanal Gtlo).