Pembinaan Antisipasi Balatkom Dan Faham Radikal Kodim 0731/Kulon Progo.

TNI AD

Yogya Barat. Kodim 0731/Kulon Progo menyelenggarakan Pembinaan Antisipasi Balatkom dan Faham Radikal Tahun Anggaran 2018, Kamis (06/12/18) bertempat di Aula Makodim 0731/Kulon Progo. Kegiatan diikuti oleh Anggota Militer/PNS Kodim 0731/Kulon Progo, dipimpin langsung oleh Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., Dandim 0731/Kulon Progo.

Dandim 0731/Kulon Progo, dalam sambutannya menegaskan bahwa pembinaan ini dimaksudkan untuk mewujudkan kesamaan langkah dan tindakan serta kewaspadaan dalam menyikapi bangkitnya kembali ajaran Komunis maupun Faham Radikal yang kemungkinan berkembang di wilayah kita.

Berdasarkan UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara disebutkan bahwa Pertahanan Negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Ancaman dari dalam negeri antara lain bahaya laten Komunis dan Faham Radikal yang merupakan ancaman bagi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI. Dalam rangka membantu pengawasasn dalam upaya pencegahan terhadap bahaya laten Komunis dan Faham Radikal agar tidak berkembang, diperlukan upaya proaktif dari Apkowil dan Unsur Intelejen yang ada di wilayah, agar senantiasa memonitor kegiatan yang dilakukan oleh kedua kelompok tersebut.

Dengan dilaksanakan pembinaan ini, diharapkan setiap Prajurit TNI AD senantiasa proaktif melaksanakan cegah dini dan deteksi dini terhadap bahaya laten Komunis dan Faham Radikal yang ada di wilayah NKRI, untuk mewujudkan negara yang berdaulat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (NSR/bang natsir).