Pencanangan Zona Integritas (ZI) Korem 071/Wijayakusuma menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Pencanangan Zona Integritas (ZI) Korem 071/Wijayakusuma menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

TNI AD

Banyumas – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) Satuan kerja Korem 071/Wijayakusuma menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (27/12/2018) di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 071/Wk beserta para Kasi dan segenap prajurit dan PNS Makorem 071/Wk, para Dandim sejajaran Korem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk, Kepala BRI Cabang Purwokerto, Kepala KPPN Purwokerto, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 071/Wk.

Pada kegiatan ini dilaksanakan kesepakatan dan penandatanganan bersama oleh Danrem 071/Wk beserta para Dandim sejajaran Korem 071/Wijayakusuma.

“Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilaksanakan ini, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program Reformasi Birokrasi”, terang Danrem.

Untuk diketahui bahwa, Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han menjelaskan, pencanangan zona integritas tersebut merupakan bagian dari komitmen bersama untuk mendukung program pemerintah dalam penataan terhadap Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan yang Good and Clean Governance, sehingga dapat melayani masyarakat secara efektif, efisien dan profesional.

“Bagi TNI, pencanangan zona integritas ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Kepala Staf TNI AD yang telah dituangkan dalam surat telegram Nomor ST/3689/2018 tanggal 16 Oktober 2018 tentang membangun Zona Integritas (ZI) dan menyiapkan satuan kerja menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”, terangnya.

Baca Juga :  Subhanallah..Istri Anggota TNI satdim 0622/Kab.Sukabumi menjadi Drigen Upacara HUT RI di Saudi Arabia

Dikatakan pula, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah, dimana pimpinan dan seluruh anggota dijajarannya mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Fokus utama tujuan pembangunan Zona Integritas adalah penerapan program manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat konkrit”, jelasnya.

“Dengan dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas (ZI) Korem 071/Wk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) diharapkan semua prajurit dan PNS TNI memahami, menghayati dan melaksanakan program tersebut. Seluruh satuan kerja di jajaran Korem 071/Wk diharuskan melaksanakan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja di Satuan Jajaran Korem 071/Wk sebagai Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”, tegasnya.

Selain dilaksanakannya pencanangan Zona Integritas Korem 071/Wk, juga dilaksanakannya penerimaan hibah satu unit mobil dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada Korem 071/Wijayakusuma.(Kamsi Gautama)