Wakasal Menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Nusantara di Banggai Sulteng

Wakasal Menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Nusantara di Banggai Sulteng

TNI AL
Banggai,  Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI TNI Wuspo Lukito S.E, MM  menghadiri acara puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) tahun 2018 di Pelabuhan Tangkiang Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng). Kamis (13/12/2018) .
Adapun tema yang diangkat pada Harnus tahun 2018 ini yaitu “Perwujudan Kesatuan Nusantara Yang Utuh Melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia”.
Menteri Dalam Negeri Indonesia Bpk. Tjahjo Kumolo dalam sambutan pembukaannya menyampaikan dengan semangat “Deklarasi Djuanda” yang merupakan tonggak penyatuan wilayah Indonesia maka sebagai negara kepulauan, laut bukanlah pemisah, tapi justru pemersatu bangsa.
“Pada saat pelantikan presiden, bapak Jokowi mengatakan bahwa Indonesia telah lama memunggungi samudera, selat dan teluk, padahal sebagai bangsa maritim, laut adalah masa depan bangsa,” katanya.
Diakhir sambutannya, Mendagri juga mengucapkan terima kasih kepada TNI AL yang telah mendukung penuh dan telah bersinergi dengan pemerintah daerah  untuk mensukseskan peringatan Harnus 2018 ini.
Pada puncak acara Hari Nusantara 2018 dimeriahkan  tarian massal Malabot oleh siswa -siswi sekolah se-Kab Banggai yang menggambarkan tiga etnis yang mendiami Banggai Yaitu Saluan, Banggai dan Balantak dan demo Sailing Pass yang diikuti KRI Untung Suropati-372,  KRI Ajak-653 , KRI Madidihang-855, Searider, kapal pemerintah , kapal -kapal nelayan, dan Jetsky .
Atraksi dilanjutkan dengan terjun payung free fall dari pasukan khusus  TNI AL (merupakan gabungan dari prajurit Denjaka dan Taifib serta Kopaska ) dengan aksinya mendarat di dekat panggung dan  mendarat diponton di laut diterjunkan dari pesawat Cassa dan Helly Bell.
Pada acara puncak tersebut diberikan anugerah tanda  penghargaan Dharma Pertahanan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia  kepada 10 pejabat di Sulawesi diantaranya dari unsur TNI adalah Pangdam  XIII Merdeka  Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Danlantamal VI  Makassar Laksamana Pertama TNI  Dwi Sulaksono S.H, M.Tr (Han) , Komandan Korem 132/Tadulako, Danwing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Irwan Pramudya, unsur
 Pemerintah daerah Sulteng  Gubernur  Sulteng Drs. Longky Djanggola, M.Si ,  dan  Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs.Ermi Widyatno, MM.
Penganugerahan lain yang diberikan adalah tanda kehormatan Satya Wira Karya bidang pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan  kepada 4 kepala daerah, yaitu Bupati Banggai, Bupati Pangkejene Kepulauan, Bupati Lembata, dan Bupati Wakatobi  serta penghargaan – penghargaan lainnya.
Event bertaraf nasional ini juga dimeriahkan tarian massal Malabot oleh siswa -siswi sekolah se-Kab Banggai yang menggambarkan tiga etnis yang mendiami Banggai Yaitu Saluan, Banggai dan Balantak dan demo Sailing Pass yang diikuti KRI Untung Suropati-372,  KRI Ajak-653 , KRI Madidihang-855, Searider, kapal pemerintah , kapal -kapal nelayan, dan Jetsky .
 Atraksi dilanjutkan dengan terjun payung free fall dari pasukan khusus  TNI AL (merupakan gabungan dari prajurit Denjaka dan Taifib serta Kopaska ) dengan aksinya mendarat di dekat panggung dan di ponton yang berada dii laut diterjunkan dari pesawat Cassa dan Helly milik TNI AL.
Diantara 17 penerjun yang membawa beebagai macam benfera mjlai dari bendera Merah Putih sampai dengan Bendera lambang-lambang daerah  terdapat dua penerjun srikandi TNI AL.
Terlihat hadir sebagai undangan dalam acara ini yaitu Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan Mayor Jenderal TNI Bambang H M.Sc,  Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E,  Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II)  Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M. Si., Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut VI (Danlantamal VI ) Makassar Laksamana Pertama TNI  Dwi Sulaksono S.H, M.Tr (Han), Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H., Kes., Gubernur Sulteng Drs. H.Longki Djanggola, M.Si, Pangdam XIII Merdeka, Danlantamal VI Makassar,  Forkopimda Sulteng,  serta para pejabat  Pemprov. Sulteng dan Pemda Banggai.