Danlanal Yogyakarta Kunjungi Pos Pos AL Di Wilayah Kulon Progo.

TNI AL

Yogya Barat. Jumat siang (18/01/19), Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta yang baru, Letkol Mar Bambang Adriantoro melaksanakan Kunjungan kerja ke Pos TNI AL Karangwuni dan Pos TNI AL Congot di Kabupaten Kulon Progo.

Kunjungan pertama Danlanal Yogyakarta, Letkol Mar Bambang Adriantoro di mulai dari Pos TNI AL Congot langsung melaksanakan peninjauan fasilitas yang berada di Pos TNI AL Congot, dilanjutkan ke Pos AL Karangwuni. Kedua Pos AL ini sangat strategis, berada pada di sisi Barat dan Timur Bandar Udara (Bandara) baru di Wilayah Temon Kulon Progo. Secara tidak langsung menjadi pengaman Bandara sepanjang di sisi Selatan yang berbatasan dengan Laut Selatan ini.

Saat tiba di Pos TNI AL Karangwuni, Danlanal disambut oleh DanPosal Karangwuni, Peltu Pom Ali Sarjoko beserta anggota. Turut menyambut kedatangan Pasintel Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (P) Jito Purwadi, yang sudah datang mendahului.

Untuk di Pos AL Karangwuni selain berada di sisi Timur Bandara Baru, semua sarana, fasilitas dan tempat berada dan berdampingan dengan Pelabuhan Tanjung Adikarto. Saat Danlanal Yogyakarta melaksanakan ramah tamah di Posal Karangwuni, menyampaian antara lain. Mengapresiasi kepada Danposal berserta anggotanya, yang telah dapat melaksanakan tugas dengan baik.
” Keberadaan Pos AL ini selain melaksanakan tugas secara Komando menjalankan kegiatan sesuai yang diperintahkan dari Lanal Yogyakarta, juga harus dapat berkoordinasi dengan satuan/instansi samping. Dan bilamana ada permasalahan baik itu secara internal maupun eksternal agar dilaporkan kepada Danlanal untuk mencari solusi pemecahan yang terbaik. Dinamika dan tantangan ke depan akan semakin Komples seiring pembangunan di wilayah ini” Jelas Danlanal Yogyakarta.

Perlu di ketahui, Lanal Yogyakarta merupakan bagian rantai komando dari Lantamal V Surabaya dengan wilayah kerja 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya di Wilayah Propinsi DIY serta mengcover sebagian kabupaten Magelang wilayah selatan, Solo, Boyolali, Sragen dan Wonogiri. Panjang pantai sekitar 104 Km menjadikan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan tugas pengamanan unsur laut dan dukungan operasi. Untuk itu oleh Lanal Yogyakarta guna mendukung tugas, ada beberapa Pos TNI Angakatan Laut (Posal) jajaran Lanal Yogyakarta tergelar di 3 wilayah Kabupaten di DIY. Posal Sadeng Kabupaten Gunungkidul, Posal Samas Kabupaten Bantul dan Posal Karangwuni dan Pos Pengamat Congot Kabupaten Kulon Progo. (NSR/bang natsir).