Danlantamal V Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Yogyakarta.

Danlantamal V Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Yogyakarta.

TNI AL

Yogyakarta. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta sebagai bagian rantai komando dari Lantamal V Surabaya dengan wilayah kerja 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya di Wilayah Propinsi DIY serta mengcover sebagian kabupaten Magelang wilayah selatan, Solo, Boyolali, Sragen dan Wonogiri. Dengan panjang pantai sekitar 104 Km menjadikan tantangan terlaksananya tugas-tugas pengamanan unsur laut dan dukungan operasi oleh Lanal Yogyakarta. Guna mendukung tugas ada beberapa Pos TNI Angakatan Laut (Posal) jajaran Lanal Yogyakarta tergelar di 3 wilayah Kabupaten di DIY. Posal Sadeng Kabupaten Gunungkidul, Posal Samas Kabuoaten Bantul dan Posal Karangwuni dan Pos Pengamat Congot Kabupaten Kulon Progo. Dengan memiliki tingkat variatif kerawanan keamanan laut yang senantiasa terus diwaspadai seiring Yogyakarta adalah merupakan destinasi pariwisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dalam negeri dan luar negeri.

Dalam rangka menjawab Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Lanal Yogyakarta tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H, M.Han memimpin langsung rangkaian upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Yogyakarta di Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta pada Kamis pagi (10/01/18).

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd menyerahkan tongkat komando kepemimpinan Lanal Yogyakarta yang dijabat sejak tanggal 7 Mei 2017 kepada penggantinya Letkol Marinir Bambang Adriantoro yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Buminoro Perak Surabaya. Sementara itu, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd akan melaksanakan penugasan jabatan selaku Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III Jakarta.

Dalam amanatnya, Danlantamal V mengatakan Sertijab dalam suatu organisasi prajurit merupakan bagian dari pembinaan personel guna memberikan kesempatan dan peluang dalam mengembangkan karier prajurit serta mengaktualisasikan kemampuan konseptual guna mewujudkan kinerja dan hasil kerja yang semakin baik untuk kepentingan organisasi, dengan serah terima jabatan ini, diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja, baik bagi organisasi, maupun personel yang bersangkutan.

Baca Juga :  Wakasal Beserta 10 Perwira Tinggi TNI AL Resmi Naik Pangkat

“Untuk itu pejabat baru harus segera menyesuaikan dengan tugas baru dengan meningkatkan integritas dan etika serta soliditas prajurit dimanapun bertugas”, sebagai ahkir amanat.

Hadir dalam acara Sertijab antara lain Danlantamal V beserta para Asisten Danlantamal V, para Danlanal jajaran Lantamal V antara lain Danlanal Batuporon, Danlanal Denpasar, Danlanal Banyuwangi, Danlanal Malang, Danlanal Semarang, Danlanal Tegal serta dihadiri Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Pejabat TNI Polri dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain, Wakil Ketua DPRD DIY, Kapolda DIY, dan Walikota/Bupati se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara bersamaan juga dilaksanakan Sertijab Ketua Cabang 8 Koordinator Cabang (Korcab) V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II dari Ny. Febri Arya Delano kepada Ny. Santy Bambang Adriantoro bertempat di Aula Mako Lanal Yogyakarta dipimpin Ny. Wenny Edwin selaku Ketua Korcab V DJA II dan dihadiri Ketua Persatuan Dharma Pertiwi TNI Polri wilayah DIY, pengurus Korcab V dan Cabang 8 serta anggota Jalasenastri Lanal Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan Sertijab Danlanal Yogyakarta dimulai pelaksananaan memorandum pada Rabu, 9 Januari 2019 dilanjutkan upacara Sertijab Danlanal Yogyakarta pada Kamis, 10 Januari 2019.

Pasukan upacara terdiri dari 1 regu Korsik Ajenrem 072/Pamungkas, 1 peleton prajurit Yonif 403/Wirasada Pratista, 1 peleton prajurit Lanal Yogyakarta, 1 peleton prajurit Paskhas 474, 1 peleton Brimod Polda DIY, 1 peleton Basarnas DIY, 1 peleton Taruna Taruni Akademi Maritim Yogyakarta dan 1 peleton Pramuka Saka Bahari serta menampilkan demo tari Jala Wira Braja yang merupakan semboyan Lanal Yogyakarta dengan arti Prajurit Laut Yang Berani dan Pantang Menyerah. Konsep penampilan kreasi tari budaya Yogyakarta hasil kolaborasikan prajurit Lanal Yogyakarta bersama 30 seniman tari dari Hamzah Batik dan Raminten Teater. (NSR/bang natsir).