Kaskoarmada I Pimpin Upacara Bendera Tujuh Belasan Di Mako Koarmada I

Kaskoarmada I Pimpin Upacara Bendera Tujuh Belasan Di Mako Koarmada I

TNI AL

PK,.Jakarta, 17 Januari 2019,– Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI TSNB. Hutabarat, M.MS., bertindak selaku Inspektur Upacara Bendera Tujuh Belasan bertempat di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Koarmada I menyampaikan bahwa masih dalam nuansa Natal dan Tahun Baru, pada kesempatan ini saya mengucapkan Selamat Natal bagi saudara-saudara umat Kristiani, semoga Natal membawa damai dan kebahagiaan. Demikian juga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dan Keluarga Besar TNI dimanapun berada dan bertugas, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019. Semoga di tahun ini, TNI menjadi lebih solid, memiliki semangat baru dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Pada upacara bendera kali ini saya mengajak kita semua untuk melihat sejenak ke tahun 2018. Pada tahun 2018 itu kita mencatat berbagai peristiwa yang tidak hanya menjadi perhatian kita semua, tetapi juga menguji kesiapsiagaan dan kemampuan serta pengabdian TNI sebagai alat negara.

Selain itu Panglima TNI mengatakan, Pilkada serentak 2018 berhasil dilaksanakan dengan aman, lancar dan sukses. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari netralitas TNI dan sumbangsih pengamanan yang kita laksanakan. Tahun 2018 juga menjadi pembuktian bahwa TNI mampu menyelenggarakan beberapa kegiatan berskala besar secara serentak. TNI melaksanakan penanggulangan bencana gempa di Lombok serta gempa di Palu seraya juga mengamankan Asian Games Ke-18 di Jakarta-Palembang dan Pengamanan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali.

Selain itu, untuk pertama kalinya TNI berhasil melaksanakan latihan gabungan dengan skenario 3 trouble spot yang bebeda sekaligus Latihan Puncak dalam bentuk Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) dengan skenario operasi militer secara serentak dilaksanakan di Morotai, Selaru dan Timika. Latihan semacam ini diharapkan semakin meningkatkan interoperabilitas antar matra, termasuk dalam hal penggunaan alutsista. Selanjutnya TNI melaksanakan pengembangan organisasi dalam rangka mendukung Program Pemerintah. Divisi 3/Kostrad, Koarmada III dibentuk di wilayah timur Indonesia.

Baca Juga :  Komandan Kodiklatal Terima Kunjungan Kerja Kadiskual

Dengan demikian kekuatan pertahanan dan pembangunan nasional akan semakin merata serta mendukung kedaulatan negara. Peresmian Satuan TNI Terintegrasi di Natuna, Satuan tersebut merupakan satuan tri matra terpadu yang dapat melindungi kedaulatan dan kepentingan nasional Indonesia, lengkap dengan segala fasilitas, termasuk untuk kapal perang, kapal selam, pesawat tempur, dan rudal modern.

TNI Juga membantu dan mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana kemanusiaan di Kabupaten Asmat, Papua dan Suku Mausu Ane Maluku. Dalam pencarian dan penyelamatan, kita menurunkan pasukan dan alutsista dalam tugas SAR, termasuk evakuasi dan pencarian Lion Air JT-610. Selanjutnya TNI juga mengatasi kelompok bersenjata di Kabupaten Nduga Papua, yang telah membunuh secara keji puluhan masyarakat sipil yang sedang melaksanakan pembangunan jembatan dan mengakibatkan gugurnya 1 orang Prajurit TNI.

Pesta Demokrasi 2019 merupakan even akbar nasional yang menjadi perhatian kita semua. Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden harus dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, dan sukses. Stabilitas nasional harus tetap terjaga sebelum, selama, dan setelah pemilihan tersebut. Oleh karenanya, kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas yang telah dicanangkan. Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pegang teguh rantai komando dan laporkan kepada Komandan satuan bila menemui kendala. Perkembangan situasi lainnya juga tetap menjadi bagian dari kewaspadaan kita semua. Kondisi regional dan global yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung, tidak boleh luput dari pengamatan dan antisipasi TNI. Selain itu dalam setiap pelaksanaan tugas pokoknya, TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat, dan kemanunggalan TNI dan rakyat adalah marwah NKRI sejak negeri ini berdiri.

Hadir dalam upacara tersebut, Pejabat Utama Koarmada I, Para Kadis dan Kasatker Koarmada I, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Koarmada I.