KENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU, PRAJURIT BRIGIF 2 MARINIR GELAR DOA BERSAMA

KENANG PERTEMPURAN LAUT ARAFURU, PRAJURIT BRIGIF 2 MARINIR GELAR DOA BERSAMA

TNI AL

PK,.Sidoarjo. Untuk mengenang pertempuran Laut Arafuru, prajurit Brigif 2 Marinir menggelar doa bersama dan nonton bareng film mengenang pertempuran laut Arafuru di Lobby Mako Brigif 2 Marinir  Gedangan, Sidoarjo. Selasa (15/01/2019) malam.

Kegiatan diawali dengan pembacaan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., oleh Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E. kemudian dilanjutkan dengan dengan do’a bersama di pimpin Serma Marinir Mustofa untuk medoakan para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Laut Arafuru. Setelah doa bersama kegiatan dilanjutkan dengan nonton bersama pemutaran film mengenang pertempuran laut  Arafuru.

Dalam amanatnya yang dibacakan Danbrigif 2 Mar, Kasal menyampaikan bahwa pertempuran laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 telah tercatat sebagai pertempuran laut  paling heroik dalam sejarah Republik Indonesia. Para Pahlawan Pertempuran Laut Arafuru telah memberi gambaran teladan sejati kepada kita yakni sikap kesatria, rela berkorban, pantang menyerah dan tetap gigih sampai akhir. Mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, nilai-nilai kepahlawanan samudera yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu itu harus kita warisi dengan sepenuh hati.

Tujuan dalam acara doa bersama mengenang pertempuran laut arafuru 15 Januari 1962, lanjutnya, adalah salah satu bentuk penghargaan yang setingi tingginya kepada para pahlawan pertempuran laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raga meraka demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan yang tidak kalah pentingnya mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas saat ini.

Baca Juga :  Wakasal Pimpin Upacara Pemakaman Wadan Kodiklatal di TMB Kusuma Bangsa Sidoarjo

Kasal juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, dalam upaya mewujudkan Tni Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Wadan Brigif 2 Mar Letkol Mar Yudi Asmar, Pasintel Letkol Mar Beni Rahim, Pasops Letkol Mar Argo Setiyono, Paslog Mayor Marinir Budi Atmuko, Danyonif 1 Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, Danyonif 3 Mar Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo dan Para Perwira dijajaran Brigif 2 Marinir.