Prajurit Brigif 2 Marinir Peringati Hari Dharma Samudera

TNI AL

PK,.Sidoarjo. Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Brigif 2 Marinir melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Selasa (15/01/2019).

Kegiatan yang dihadiri Para Perwira di Jajaran Brigif 2 Marinir tersebut dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanetri 3 Marinir Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Inspektur upacara dan sebagai Komandan Upacara Lettu Marinir Irfan Rosandi yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Kompi Falcon Yonif 3 Mar.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan, upacara yang diselenggarakan setiap tahun tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap para pahlawan bangsa, sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di laut Arafuru pada 57 tahun silam.

Pertempuran penuh semangat membela negara di laut Arafuru telah memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan tersebut harus diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.

Kasal juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, dalam upaya mewujudkan Tni Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Selain di Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 juga dilaksanakan oleh prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir di markas Yonif 5 Mar Ujung, Semarung, Surabaya.