Dandim Cilacap Dampingi Bupati Resmikan Alat Pengering Jagung Desa Mentasan

Dandim Cilacap Dampingi Bupati Resmikan Alat Pengering Jagung Desa Mentasan

TNI AD

PK.Cilacap – Selepas melaksanakan kegiatan panen jagung di wilayah Kecamatan Jeruklegi, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) bersama Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji meninjau langsung Mesin Pengering Jagung yang ada di RT 02/03 Dusun Mentasan Desa Mentasan Kecamatan Kawunganten, Rabu (27/02).

Kedatangannya untuk uji coba mesin pengering jagung Vertical Dryer kapasitas 6 ton yang diperuntukan Kelompok Tani “Taruna Tani Akur” Desa Mentasan Kecamatan Kawunganten. Tampak hadir acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto,SP.MP., Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Cilacap Ermawati Syahyuni, SP. MP. Mereka disambut Camat Kawunganten Suharyanto, S.Sos, MM., Danramil 09/Kawunganten Kapten Cpm Teguh Budiono, Kepala Desa Mentasan Maryono beserta warganya.

Dikesempatan itu, Camat Kawunganten, Suharyanto mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Dandim yang sudah menyempatkan hadir ditengah tengah warga Desa Mentasan. Dia juga menjelaskan bahwa alat pengeringan tersebut bisa memproduksi 6 hingga 8 ton jagung. Dia berharap bantuan mesin pengering jagung dari APBN ini bermanfaat bagi petani khususnya masyarakat desa Mentasan, sehingga bisa mengembangkan hasil pertaniannya dan nantinya akan bekerjasama dengan Bumdes Desa supaya harga tetap stabil dan tidak dimainkan tengkulak.

Sementara itu setelah melihat langsung alat pengering jagung, Bupati didampingi Dandim menekan tombol sebagai tanda peresmian mesin pengeringan jagung. Dihadapan warga Desa Mentasan, Bupati berharap kepada masyarakat Desa Mentasan yang saat ini memiliki alat pengering jagung untuk memanfaatkan sarana pertanian ini untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tani di Kabupaten Cilacap, sehingga mampu bersaing dalam memenuhi kebutuhan pasar akan serapan jagung.

” Artinya dengan tambahan peralatan ini, hasil panen petani kita mampu memenuhi standar yang ditetapkan oleh Bulog maupun pelaku usaha lainnya. Bantuan mesin pengering jagung ini sebagai upaya Bangga Mbangun Desa agar desa maju, Cilacap maju, Indonesia Jaya,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Tingkatkan Kedekatan Satgas Raider 300 Laksanakan Anjangsana

Bupati juga berharap kepada Kepala Desa Mentasan agar Bumdesnya ditingkatkan kembali supaya harga jagung tidak lagi dimainkan oleh para tengkulak. Selain itu juga agar terus mendukung Program Bangga Mbangun Desa agar Cilacap maju dan masyarakatnya sejahtera.

[ Urip/Sty ]