Sekbang A-95 Mulai Laksanakan Terbang Malam

TNI AU

PK,.YOGYAKARTA,.Pen Adi. Komandan Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Ir. Bob Panggabean  membuka kegiatan doa bersama dan pembukaan terbang malam bagi 30 Siswa Sekbang A-95 pada Senin (18/2),  bertempat di Masjid Al Huda Wingdikterbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Danwingdikterbang Kolonel Pnb Dedi Susanto, Para Kepala Dinas, Danse PSDP, Para Komandan Satuan, Para Instruktur Penerbang,Para Perwira dan Ground Crew serta segenap siswa Sekbang A-95.

Latihan Terbang malam merupakan materi khusus atau salah satu tahapan pendidikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa.  Tujuan dari pemberian materi terbang malam adalah melatih siswa agar mampu beradaptasi menerbangkan pesawat terbang dalam kondisi apapun termasuk pada malam hari.

Komandan Lanud  Adisutjipto Kolonel Pnb Ir. Bob Panggabean dalam arahannya menyampaikan bahwa latihan terbang malam merupakan salah satu bagian dari rangkaian proses pendidikan sekolah penerbang di Lanud Adisutjipto. Komandan menekankan untuk selalu mengaplikasikan budaya safety dan lambangja kepada seluruh personel yang terlibat, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Acara di awali dengan do’a bersama, di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Adisutjipto dan di berikan kepada siswa sekbang yang di saksikan oleh para pejabat Lanud Adisutjipto, para Instruktur penerbang dan para siswa sekbang.

Komandan Skadik 102 Lanud Adisutjipto Letkol Pnb. Marcell Dirgantara dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa latihan terbang malam ini di ikuti oleh 30 Siswa dan pelaksanaanya akan di gelar selama sekitar 3 minggu,   dengan menggunakan pesawat KT 1 B Woong Bee.

Lebih lanjut ditambahkan  selama terbang malam tiap siswa melaksanakan 8 sortie dengan jam terbang 9.30 jam per siswa. Sampai akhir giat terbang malam total sortie yang dilaksanakan siswa sebanyak 288 sortie dengan 342 jam terbang.

Baca Juga :  Pangkoopsau III Bersama Bupati Biak Numfor Ikuti Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual.