Tradisi Pembaretan Sesarcab Pomau A-24 dan Sejursarta Pomau A-47 Di Parangtritis

Tradisi Pembaretan Sesarcab Pomau A-24 dan Sejursarta Pomau A-47 Di Parangtritis

TNI AU

TRADISI PEMBARETAN SESARCAB POMAU A-24 DAN SEJURSARTA POMAU  A-47 DI PARANGTRITIS

BANTUL,.Siswa Sekolah Dasar Kecabangan Perwira Polisi Militer Angkatan Udara ( Secarcab Pomau) Angkatan ke–24 dan Sekolah Kejuruan Dasar Tamtama Polisi Militer Angkatan Udara (Sejursarta Pomau) Angkatan ke-47 mengikuti upacara tradisi pembaretan  di Pantai Parang Kusumo Kabupaten Bantul, Rabu (27/2).

Tradisi pembaretan siswa Pomau ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 25 sampai dengan 27 Februari 2019. Salah satu kegiatan tadisi pembaretan adalah  penggrebekan desertir di desa Gubuk Rubuh kecamatan playen kabupaten Gunung Kidul. Tradisi pembaretan ini mengambil Lokasi yang dimulai dari daerah Nengahan, Tikungan,  Kali Oyo Kecamatan Panggang, dan  berakhir di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul.

Tradisi pembaretan untuk memperoleh baret biru ini  diikuti sebanyak 55 siswa terdiri dari 5 siswa Sesarcab Pomau dan 50 siswa Sejursarta Pomau. Bertindak selaku Inpektur Upacara pada tradisi Pembaretan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Udara ( Danpuspomau) Marsekal pertama (Marsma) TNI Agung Handoko, S.H.,M.M.,M.H.

Danpuspomau Marsma TNI Agung Handoko, S.H.,M.M.,M.H.  dalam sambutannya mengatakan  bahwa Tradisi Pembaretan merupakan suatu acara tradisi korp di lingkungan Polisi Militer Angkatan Udara yang mengandung arti dan makna bahwa mulai saat ini para siswa sekalian sudah menjadi keluarga besar Pomau dan sekaligus sebagai Aparat Penegak Hukum dan Penegak Disiplin di lingkungan TNI AU

Lebih lanjut Danpuspomau mengatakan bahwa sasaran dilaksanakannya pendidikan kejuruan yang saat ini kalian ikuti, dimaksudkan agar setiap personel lulusan sekolah Polisi Militer akan memiliki pengetahuan tentang Kepolisian Militer yang mumpuni dan dapat diandalkan, serta memiliki sikap mental, kepribadian dan perilaku yang senantiasa mencerminkan isi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan tetap mengedepankan sebagai insan Prajurit yang Profesional, Militan, dan Inovatif dengan dilandasi sifat-sifat Wira Waskita.

Baca Juga :  Jelang Latihan, Lanud Sultan Iskandar Muda Adakan Doa Bersama

Selain melaksananakan pembaretan kepada Siswa Sesarcab dan Sejursarta Pomau, Komandan Puspomau juga mengangkat Komandan Kodiklatau Marsekal Muda (Marsda) TNI Andjar Sungkowo, S.E., M.Si. (Han) dan Dirdiklat Kodiklatau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Kustono, S.Sos sebagai warga kehormatan Polisi Militer Angkatan Udara. Sebelumnya Komandan Kodiklatau dan Dirdiklat Kodiklatau mengikuti rute perjalanan siswa dari Pendopo Parangtritis hingga lokasi upacara dilaksananan.