Wadan Kodiklatal Melantik Siswa Diktukba TNI AL Angkatan Ke-48

TNI AL

Kodiklatal, (7/2).Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Wadan Kodiklata) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi melantik Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan laut Angkatan ke-48 TA 2018 menjadi sersan dua. Pelantikan tersebut dilaksanakan di lapangan Apel Kawah Candradimuka  kesatrian Pusat Latihan Pendidikian Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo.

Adapun siswa Diktukba TNI Angkatan Laut Angkatan ke-48 yang telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil tersebut sebanyak 549 orang siswa dengan rincian  59 orang Korps Pelaut, 66 orang Korps Teknik, 24 orang Korps Elektro, 116 orang Korps Suplay, 201 orang Korps Marinir, 83 orang sisanya korps kesehatan, jas, musik dan pomal, untuk selanjutnya menempuh pendidikan kejuruan di tiga Kodik dibawah Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh S.E., M.M menyampaikan ucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan kebintaraan selama dua bulan di Puslatdiksarmil dengan lancar, sehingga pada hari ini berhak mengikuti pelantikan sebagai bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua, meskipun masih harus melanjutkan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait sesuai kejuruan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa untuk mewujudkan visi TNI AL yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global, tidak hanya dibutuhkan alut sista yang memadai serta pembangunan kekuatan berbasis kemampuan yang mampu menangkal dan menindak setiap ancaman militer dari luar maupun dari dalam negeri. Namun, yang lebih penting adalah profesionalisme prajurit sebagai pengawak alut sista modern yang memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang sesuai dengan postur seorang prajurit bintara TNI Angkatan laut masa depan yang memiliki jiwa militansi yang kuat, tanggap, tanggon dan trengginas.

Baca Juga :  TNI AL LANTAMAL III KIRIMKAN NAKES DAN TIM PENGAMANAN VAKSINASI NASIONAL DI PASAR IKAN MUARA BARU

Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan di kodiklatal ini harus diikuti dengan sungguh-sungguh agar kelak berhasil lulus dengan memenuhi standar kualifikasi yang diharapkan yang meliputi aspek sikap mental/kejuangan, akademis dan kesamaptaan jasmani serta siap menerima tugas selanjutnya dari satuan pengguna dimanapun berada.

Sebelum mengakhiri amanat Komandan Kodiklatal ini memberikan beberapa arahan yang perlu dipedomani dalam mengikuti pendidikan tahap berikutnya. Adapun arahan sekaligus perintah tersebut antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wata’ala, mempertahankan kondisi fisik dan mental yang sudah baik ini guna mendukung semua tugas pendidikan sesuai kejuruan di pusdikpusdik terkait, belajar untuk berpikir dan bertindak cerdas, mengingat status para siswa seorang bintara tulang punggung kesatuan yang diharapkan bisa menjadi contoh bagi para tamtama dalam pelaksanaan tugas nanti.

Arahan lainya adalah meningkatkan kedisiplinan dan mengikuti semua peraturan dinas dalam yang telah ditetapkan, menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, karena meskipun telah menyandang pangkat bintara, namun status para siswa masih sebagai siswa yang bisa dikembalikan lagi ke satuan awal apabila dinilai tidak memenuhi syarat pendidikan dan memelihara jiwa korsa demi kebersamaan selama menempuh pendidikan.