Komandan Lantamal X Turun Langsung Ke Lokasi Bencana Banjir Di Wilayah Danau Sentani Jayapura

Komandan Lantamal X Turun Langsung Ke Lokasi Bencana Banjir Di Wilayah Danau Sentani Jayapura

TNI AL

PK.Jayapura,.— Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika turun langsung ke lokasi bencana banjir di wilayah danau Sentani Jayapura tempat Satgas Lantamal X memberikan bantuan dan evakuasi kepada para korban banjir di wilayah Sentani kabupaten Jayapura Papua. Rabu (20/03/2019).

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, membaur bersama prajurit dan anggota tim yang tergabung dalam penanggulangan bencana banjir di wilayah Sentani kabupaten Jayapura. Sejak setelah terjadinya bencana banjir di wilayah Sentani, Komandan Lantamal X memerintahkan dan membentuk Satgas Lantamal X untuk bergabung dalam upaya penanganan darurat dampak banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Satgas Lantamal X Jayapura bersama Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian korban dan evakuasi sesuai dengan laporan masyarakat yang menyatakan anggota keluarganya belum ditemukan. Bertambahnya jumlah pengungsi karena rasa trauma dan takut akan adanya banjir bandang susulan mengingat hujan masih sering turun di wilayah Jayapura.

Bupati Kabupaten Jayapura telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari terhitung mulai 16-29 Maret 2019. Daerah yang terdampak bencana, bukan hanya distrik/kecamatan Sentani saja, namun 5 distrik yaitu Distrik Sentani, Waibu, Sentani barat, Ravenirara, dan Depapre. Sementara itu Gubernur Papua telah menetapkan tingkatan bencana ini adalah bencana darurat provinsi karena terjadi di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Secara terpisah pada hari Selasa sore tanggal 19 Maret 2019, Satgas Lantamal X dengan menggunakan dua unit Sea Rider telah meninjau wilayah Ravenirara, dan Depapre dari perairan utara Jayapura. On Board dalam rombongan tersebut Kabinda Papua didampingi Asintel Danlantamal X, Staff Direktur Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Perdesaan dan personil Satgas Lantamal X. Dalam kegiatan tersebut sesuai keterangan Kabinda Papua dan Satgas Lantamal X tidak menemukan adanya korban masyarakat akibat banjir.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan Siswa Diktukba TNI AL Angkatan LII Pusdiktek Kodiklatal Lattek Sisdalsin

Dalam rangka mendukung kegiatan memberikan bantuan, pertolongan dan evakuasi para korban bencana banjir masyarakat di wilayah danau Sentani, Satgas Lantamal X menurunkan dua perahu karet dari Satrol, satu perahu karet dari Spotmar dan tiga perahu karet dari Yonmarhanlan X Lantamal X Jayapura. Satgas Lantamal X menambah perkuatan personil sebanyak 19 prajurit untuk memperkuat personil Yonmarhanlan X sebanyak 60 prajurit.

Turut hadir mendampingi Komandan Lantamal X, Asintel Danlantamal X, Dandim 1701, Danyonmarhanlan X dan personil yang terlibat SAR gabungan dari satuan samping serta masyarakat.