Korps Marinir Laksanakan Karya Bakti Satuan Opersional TA. 2019 Di Purboyo Malang Selatan

Korps Marinir Laksanakan Karya Bakti Satuan Opersional TA. 2019 Di Purboyo Malang Selatan

Baksos TNI AL

Korps Marinir laksanakan Karya Bakti Satuan Operasional Korps Marinir TNI AL TA 2019 di wilayah PLP 4 Purboyo Malang Selatan Jawa Timur. Kegiatan Karya Bakti ini dipimpin langsung oleh Asisten Potensi Maritim Korps Marinir Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia. Dibuka hari Selasa (05/03/2019).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud Rencana Kegiatan (rengiat) Potensi Maritim Korps Marinir dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI sesuai UU No. 34 th 2004 tentang TNI yang dilaksanakan melalui Operasi militer perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), pada saat di masa damai satuan TNI khususnya Korps Marinir melaksanakan pembinaan Potensi Maritim dengan cara memberdayakan wilayah pertahanan guna membangun dan membina kekuatan pendukung secara dini dalam mempertahankan negara serta membantu tugas pemerintah daerah di wilayahnya.

 

Kegiatan dilaksanakan selama 15 hari, diimplementasikan melalui Pembinaan Ketahanan Wilayah Pesisir  dan Komunikasi Sosial (Komsos) berupa Karya Bakti di wilayah Pantai Kondang Merak berupa Renovasi Masjid, Renovasi Taman Baca, Pemasangan Pipa air Bersih. Bakti Sosial berupa Pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, Pembagian sembako di wilayah pantai Ngantep. Penanaman pohon Mangrove di Pantai Ngantep , Pantai Wonogoro dan Pantai Kondang Merak. Penanaman Terumbu Karang di Pantai Kondang Merak.

Pelaksanaan ceramah tentang Bela Negara dan menyerahkan Laptop, buku dan buku bacaan tentang sejarah kemaritiman Indonesia, dalam hal ini kunjungan ke SMA Negeri 1 Pagak dan SMPK Muhamadiah Pagak Malang Jawa Timur diterima oleh Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pagak Ibu Sri Setyowati, M.pd. Rabu dan kunjungan ke SMK Muhamadiah Pagak diterima oleh Kepala Sekolah Bp. Sukadi, S.pd. (06/03/2019 ).

Selain upaya pencapaian tugas pokok Potensi Maritim Korps Marinir, diantaranya melalui kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dengan melaksanakan pembinaan dan bimbingan kepada siswa dan siswi SMA Negeri 1 Pagak dan SMK Muhamadiah Pagak yang diisi dengan materi penyampaian Bela Negara, Kecintaan terhadap tanah air, Kebhinekaan dan wawasan kebangsaan, memperkenalkan Tugas dan Fungsi Satuan prajurit Puslatpur Korps Marinir 4 Purboyo. Disampaikan juga bahwa seluruh elemen masyarakat bertanggung jawab terhadap pertahanan dan keamanan negara serta harus memiliki jiwa rela berkorban demi Bangsa dan Negara apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Guna menyemangati siswa siswi SMAN 1 Grati, mereka diberi kesempatan mengenal kegiatan dan diijinkan untuk berfoto bersama anggota Marinir Kegiatan Staf Potensi Maritim Mako Kormar di Kab Pasuruhan Jawa Timur melaksanakan pembekalan Bela Negara/Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air kepada siswa-siswi SMAN 1 Pagak dan SMK Muhamhadiah Pagak Malang Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri Siswa dan Siswi Kelas Sepuluh dan Sebelas berjumlah 300 orang dan didampingi Kepala sekolah SMAN 1 Pagak Ibu Sri Setyowati, M.pd. dan para dewan guru SMAN 1 Pagak serta siswa-siswi SMK Muhamhadiah Pagak yang berjumlah 300 orang yang didampingi Kepala sekolah Bp. Sukadi, S.pd dan para dewan guru.

Staf Potensi Maritim Mako Kormar, Anggota PLP 4 Purboyo yang berjumlah 50 personil beserta Masyarakat dan turut hadir Aktivis Terumbu Karang Malang Indonesia Bp. Andi melaksananakan penanaman Terumbu Karang di Pantai Kondang Merak Malang Selatan Jawa Timur. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penanaman Mangrove yang berjumlah 3000 bibit Mangrove di Pantai Ngantep, Pantai Wonogoro dan Pantai Kondang Merak.

Turut hadir dalam acara kegiatan Karya Bakti Satuan Operasional Korps Marinir TNI ALTA 2019, Bakti Sosial, Sosialisasi Komsos dan Bintahwil di wilayah Purboyo Malang Jawa Timur ini antara lain Paban V Spotmar Mabes TNI AL Kolonel Mar Umar Farouq, Pabandya Ban IV Dukops Sops Mabes TNI AL Letkol Laut (P) Maman, Dankolatmar Kolonel Mar Suliono, Danmenbanpur 2 Mar Kolonel Mar Citro, Paban Komsos dan Bakti Spotmar Kormar Letkol Mar Hendy Dwi Bayu, Komandan Puslatpur 4 Letkol Mar Bayu Aji, Pabandya Komsos Spotmar Kormar Mayor Mar Endik Catur, Pasipers Puslatpur 4 Grati Mayor Mar Wiratmoyo, Kepala Sekolah SMAN 1 Grati Ibu Sri Setyowati, M.pd. beserta dewan guru, Kepala Sekolah SMK Muhamadiah Pagak Bp. Sukadi, Spd beserta dewan guru, Serta Aktivis Terumbu Karang Indonesia Bp.Andi serta Jajaran Muspida Malang.