Peduli Sampah, Lanal Jogyakarta Bersihkan Pantai Goa Cemara Bantul

Peduli Sampah, Lanal Jogyakarta Bersihkan Pantai Goa Cemara Bantul

TNI AL

Laantamal V (15/3).Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menunjukan kepeduliannya dengan menggelar bersih bersih Pantai Goa Cemara, Dsn. Patihan Ds. Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta, (15/3).

Pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Letkol Marinir Bambang Adriantoro.

Tampak hadir Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar.Stud., para perwira Staf, Prajurit, PNS dan personel Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas Bantul.

Lanal Hogya juga melibatkan taruna dan taruni Sekolah Menengah Kelautan (SMK) Negeri 1 Sanden, Bantul yang merupakan binaan dari Lanal Yogyakarta serta warga pesisir yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Pandansari.

Komandan Lanal Yogyakarta mengajak para peserta untuk sama-sama melaksanakan kegiatan bersih betaih pantai di Pantai Goa Cemara ini dengan penuh kesadaran dan keihklasan. Pantai Goa Cemara merupakan salah satu obyek wisata Andalam Bantul.

Kegiatan ini ini lanjutnya, bertujuan agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar maupun meningkatkan nilai kepariwisataan di wilayah pantai selatan Kab. Bantul ini, sehingga dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar pantai serta yang terpenting adalah ikut serta dalam melestarikan ekosistim kawasan pesisir pantai.

“Kerusakan-kerusakan di wilayah pesisir pantai yang disebabkan oleh aktiftas manusia, salah satunya adalah pemanfaatan lahan yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah analisis dampak lingkungan. Pantai semestinya digunakan sebagai daerah konservasi dan kawasan penyangga di kelolal sebagai daerah produktif,” tegas Danlanal Yogyakarta.

Sebagai tanggapan atas terlaksananya bersih beraih pantai yang dilakukan Lanal Jogyakarta ini, Camat Sanden, Danramil Sanden, Kapolsek Sanden, Kasatpol Bantul, Ketua Pokdarwis, Ketua Pokyan Mina dan Kades Gading Sari mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan kegiatan bersih pantai Pandansari.

Mereka berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali dilain kesempatan sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan obyek wisata pantai selatan khususnya Pantai Pandansari.