Tim BPBD Berikan Pembekalan Kepada Peserta Latihan PBA Korps Marinir TA. 2019

Tim BPBD Berikan Pembekalan Kepada Peserta Latihan PBA Korps Marinir TA. 2019

TNI AL

PK.Surabaya)- Prajurit Pasmar 2 yang tergabung dalam Latihan Penangulangan Bencana Alam (PBA) Korps Marinir TA 2019 menerima pembekalan dari Tim BPBD Propinsi Jawa Timur di Indoor sport Trian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Selasa(19/03/2019).

Pada kesempatan tersebut Ibu Deni Kiki salah satu personil BPBD Provinsi Jawa Timur memberikan pembekalan tentang manejemen kedaruratan logistik dalam bencana.

Menurutnya logistik mempunyai peran penting dalam upaya penanggulangan bencana, terutama pada saat prabencana, kesiapsiagaan, dan respon penanganan bencana, untuk dapat memastikan tujuh tepat, yaitu: tepat jenis bantuan barang, tepat kuantitas, tepat kualitas, tepat sasaran, tepat waktu, tepat pelaporan dan tepat biaya. Pengelolaan logistik yang efektif, efisien, dan andal menjadi faktor penting dalam penanggulangan bencana.

Pembekalan selanjutnya dari Bapak Bige Agus Wahjuono. SE. yang menjelaskan tentang penanganan pengungsi pada bencana alam tentang ybs menjelaskan bahwa “Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, pengertian pengungsi adalah orang atau kelompok orang yang terpaksa atau dipaksa keluar dari tempat tinggalnya untuk jangka waktu yang belum pasti sebagai akibat dampak buruk bencana.

Di Indonesia lembaga pemerintah yang secara khusus melakukan upaya penanggulangan bencana adalah BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Fungsi BNPB dan BPBD adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak secara cepat dan tepat serta efektif dan efisien.

Penanganan masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana dilakukan dengan kegiatan meliputi pendataan, penempatan pada lokasi yang aman, dan pemenuhan kebutuhan dasar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pasops Danmenbanpur 2 Mar Letkol Mar M. Nur Rohman, S.E, M.Tr.Hanla, Komandan Yonkes 2 Mar Letkol Laut (K) dr. Amir Surya, Sp.M., M.Tr.Hanla, Komandan Yonzei 2 Mar Mayor Mar I Nyoman Polih I.P., M.Tr.Opsla.