Apel Gelar Pasukan Persiapan PAM Pemilu 2019 Armada III, Lantamal XIV, Pasmar-3

TNI AL

PK,.Sorong, 14 April 2019, Prajurit Lantamal XIV siap dalam apel persiapan Pam Pemilu 2019 bersama prajurit Armada III dan Pasmar 3 di Lapangan Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1, Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, selaku penerima apel gelar Pangarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M yang didampingi KS Armada III Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. Han, Danguspurla Armada III Laksma TNI Agus Hariadi, Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Wadan Pasmar-3 Kolonel (Mar) Soeharijadi.

Pangkoarmada III didampingi Danlantamal XIV mengecek kesiapan para prajuritnya, baik kesiapan fisik dan mental. Adapun amanat Pangarmada III yang intinya “ Pelaksanaan apel gelar pasukan ini pada hakekatnya merupakan wujud dari tingkat kesiapan Koarmada lll, Pasmar-3 dan Lantamal XIV beserta jajaran dalam menghadapi tugas Nasional yang sangat penting dan strategis yaitu mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan berupa pemilihan umum legislatif pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 April 2019 melalui kegiatan apel gelar pasukan pengamanan pemilu.

Melalui kegiatan apel gelar pasukan pengamanan pemilu 2019 ini diharapkan Koarmada lll, Pasmar-3 serta Lantamal XIV beserta jajaran mampu bersinergi dengan satuan TNI lainnya untuk memberikan bantuan pengamanan atas permintaan dari POLRI dalam hal ini kepada Polda Papua Barat karena jaminan stabilitas keamanan di kota Sorong ini merupakan Barometer bagi stabilitas keamanan pelaksanaan Pemilu di daerah dan di pulau-pulau yang berada di wilayah Papua Barat.” Setelah apel gelar di lanjutkan pengarahan dari Pangarmada di Gedung Serba Guna (GSG) Koarmada III.

Lanjutan amanat “Para prajurit yang saya banggakan mencermati situasi dan perkembangan politik nasional saat ini dinilai telah memasuki titik krusial, karena adanya dampak persaingan antar kelompok aturan kepentingan politik dan berbagai intrik untuk mempengaruhi pandangan masyarakat dari kedua kelompok, oleh sebab itu kita sebagai prajurit TNI harus netral dan memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan proses ini dengan cara menjamin keamanan penyelenggaraannya sehingga Pemilu berlangsung dengan lancar aman dan damai, selain itu kita juga dituntut untuk senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak.”

Baca Juga :  KRI Alamang 644 Tangkap Kapal MT. Zakira Di Perairan Batam

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T Waskito, S.E.,M.M., Para Asisten Pangarmada III, Asisten Danlantamal dan Asintel Danpasmar-3, Komandan KRI Yos Sudarso-353 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek, Para Kasatker Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar-3.