Danlanal Morotai Terima KAL Wayabula 1-14-12 Dari Kadismatal

TNI AL

PK,.Sorong, 11 April 2019. Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E.,M.Tr.Hanla., terima KAL Wayabula 1-14-12 dari Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksma TNI Kasih Prihantono, yang sebelumnya telah diserah terimakan kepada Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., bertempat di Pelabuhan HMS Lastory, Daruba Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai. Penambahan Alutsista ini untuk mendukung tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan NKRI di Laut Indonesia terutama di wilayah perairan Morotai. Rabu (10/04/2019).

Penamaan KAL Wayabula diambil dari salah satu Desa Tertua yang sekarang menjadi Ibu Kota Kecamatan Morotai Selatan Barat Kab. P. Morotai yaitu Desa Wayabula. Menurut Tokoh Masyarakat Desa Wayabula Hi. Ade Furadin Asal usul nama Wayabula berasal dari kata Igobula yang berarti Kelapa Putih, kemudian membuat ketertarikan istri Sultan Khairun (Tidore) untuk membagikan dusun (lahan) di wilayah tersebut, sehingga di kenalah istilah Masibula (Pembagian).

KAL Wayabula 1-14-12 adalah salah satu kapal patroli buatan PT. Tesco Indomaritime yang diresmikan di Dermaga Jetski Club Pantai Mutiara Jakarta oleh Laksma TNI Kasih Prihantono (Kadismatal) dan diserah terimakan kepada Danlantamal XIV Sorong kemudian diserahkan kepada Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E.,M.Tr.Hanla Selaku Danlanal Morotai .Spesifikasi Wayabula 1-14-12 panjang 29 meter dan lebar 5,85 meter. Badan kapal menggunakan alumunium alloy serta memiliki kecepatan hingga 29 knot. Kal Wayabula 1-14-12 dipersenjatai berupa satu mitraliur 20 mm di bagian haluan dan dua mitraliur 12,7 mm di bagian buritan. KAL Wayabula 1-14-12 melengkapi Alutsista Lanal Morotai yang sebelumnya sudah memiliki 1 Sea Reader dan 2 Patkamla Dodola dan Galela.

KAL Wayabula 1-14-12 dikomandani oleh Kapten Laut (P) Junaedi yang memimpin pelayaran dari Dermaga Jetski Jakarta dengan route Jakarta, Surabaya, Makassar, Kendari, Luwuk, Bitung dan Morotai, selama pelayaran tidak ada kendala apapun. Luas wilayah Kabupaten Pulau Morotai mencapai 15.646 Km persegi, dengan luas Lautan 13.170 Km persegi dan panjang garis pantai 351,3 Km. Dengan luasnya laut Kabupaten Pulau Morotai memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat tinggi, hal ini selain dapat meningkatkan perekonomian namun juga dapat berdampak pada kerawanan tindak pidana tertentu di dan lewat laut. Diharapkan dengan kehadiran KAL Wayabula 1-14-12 di Kabupaten Pulau Morotai dapat meminimalisir terjadinya kegiatan illegal di perairan Pulau Morotai.