Usai Kampanye, Simpatisan Partai Keroyok Anggota Intel Korem 072 Pamungkas.

Usai Kampanye, Simpatisan Partai Keroyok Anggota Intel Korem 072 Pamungkas.

TNI AD

PK.Yogya Barat. Minggu (07/04/19) ,.— Pada pukul 17.15 WIB di Dusun Malangan Bantar Kulon Desa Banguncipto Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo telah terjadi pengeroyokan dan Penganiayaan yang dilakukan oleh simpatisan parta seusai Kampanye.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun redaksi,Jadwal pada hari itu di wilayah Yogyakarta dari pasangan 01. Salah satu korban adalah Serka Setyo Budi anggota 403/WP (BP Tim intel korem 072/ PMK).

Kronologi Kejadian dan identitas korban , sebagai berikut :

1. Nama : Setia Budi Haryanto, NRP : 21080680530488, Jabatan : Batih Korban, Yonif 403/WP(BP TIM Intel Korem 072/PMK) yang beralamat, Bantar Kulon RT 4/ 2, Bangun cipta, Sentolo Kulon Progo.
2. Nama : Janarta , Alamat : Dlaban,RT 05 RW 03 Sentolo,Kulon Progo. Jabatan : Panwaslu Desa Sentolo.

Saksi saksi :

1. Sigit bakti 43 th  wiraswasta, Rt 4/2 Bantar Banguncipto Sentolo Kabuoaten Kulon Progo
2. Sugiato 47 wiraswasta, Rt 4/2 Bantar Banguncipto Sentolo Kabupaten Kulon Progo.

Kronologi kejadian

1. Pada pukul 17.15 wib, korban dengan warga menonton kepulangan konvoi masa simpatisan Partai Pendukung 01 di pinggir rumah korban tepatnya sebelum jembatan abantar lama, yang mana massa selesai melaksanakan kampanye  di Alun Alun Wates, dan tiba tiba di jembatan bantar korban 1 melihat ada yang menggunakan baju merah dan terjadi keributan dan pada saat itu Serka Setyo (korban 1) mengambil gambar dengan mengunakan Hp dan korban kemudian dengan tiba tiba di serang oleh simpatisan yang sedang ribut tersebut.

2. Setelah itu korban sudah mengaku kalau anggota TNI akan tetapi tidak di indahkan dan massa langsung menyerang Korban 1 dan Korban 2 yang saat itu di lokasi dengan cara memukul dengan menggunakan alat benda tumpul.

3. Setelah mendapat pukulan dari simpatisan massa Partai kemudian korban melarikan diri ke arah kampung dan mendapat pertolongan dari warga dan kemudian di bawa ke Rumah sakit Nyi Ageng Serang.
D. Kerugian :
1. Kerugian materil : 1 buah HP di rampas oleh Simpatisan.
2. Korban 1 (luka sobek di kepala bagian belakang dan di jahit sebanyak 7 jahitan, Luka sobek di pergelangan tangan kiri sepanjang 5 cm)
3. Korban 2 (Luka sobek di bagian kepala dan mendapat 5 jahitan)

4. Kaca rumah Sukarjo yang juga kantor milik Ybs Kantor Cv Tri Mitra Sejati pengadaan barang levelansir rusak kaca kantor pecah dan kaca, alamat Malangan Rt 04 RW 02, Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo, Kaca alat berat jenis Bachoe, Mobil kijang nopol AA 8596 LK rusak pada bagian kaca samping kanan kiri dan belakang.
5. Rumah Nova Sindang Prastowo,26, Swasta, Malangan Rt 4 Rw 2 Sentolo Kulon Progo rusak pada bagian kaca jendela rumah
6. Rumah Serka Setio Budi Haryanto (Korban), Rusak pada kaca jendela rumah pecah rumah.

Selain itu juga terjadi Perusakan 4 unit sepeda motor, dengan data sbb:
a. Yamaha Jupiter R 2380 ST (Milik Eko Cilacap /Operator Bego), rusak pada bagian lampu depan pecah
b. Honda Vario AB 3550 FL , rusak bagian kaca spidometer pecah dan panel serta lampu depan pecah
c. Suzuki Shooter AB 4258 KJ (Erni Malangan Sentolo Kab Kulon Progo),rusak pada bagian lampu depan pecah
d. Honda Vario AB4086 LL (Dwi Kurnia Malangan Sentolo Kab Kulon Progo), rusak pada bagian lampu dan spido pecah

Dalam situasi itu, Alat bukti yang berhasil diamankan oleh Serka Setyo (Korban) yaitu 1 buah HT merk Baofeng milik Simpatisan yang menyerang. Korban Janarto (Panwasludes) setelah mendapat perawatan dari RS. Nyi Ageng Serang sudah diperbolehkan pulang, dan untuk Korban Serka Setyo tadi malam masih dalam proses penanganan dari pihak RS. Nyi Ageng Serang Sentolo.

Untuk Simpatisan Kampanye tidak dilaksanakan Sweping terhadap peserta maupun kendaraan bermotor, sehingga dalam pelaksanaan kampanye di Alun Alun Wates Banyak yang menggunakan Kendaraan bermotor kenalpot Blombongan dan peserta banyak yang tidak menggunkan helem.

Dari hasil keterangan Istri Korban A.n : Nurhayati (31)Bantar Kulon RT 04 RW 02 Banguncipto Sentolo Kulon Progo. Yang melakukan pengroyokan dan penganiayaan sekitar 20 orang.

Hingga Sampai saat ini pihak Korem 072 Pamungkas masih berkoordinasi dengan Pihak terkait dalam  kejadian ini. (NSR /bang natsir).