25 Siswa Dikkopaska Pusdiksus Kodiklatal Lattek Terjun Statis

TNI AL

Kodiklatal, (10/5).Sebanyak 25 Siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) Angkatan ke 42 yang tengah menempuh penndidikan di Pusat Pendidikan Kusus (Pusdiksus) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pemndidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) melaksanakan Lattek Terjun Statik dari ketinggian 1.000 fet.

Lattek Terjun Statik yang dilaksanakan di Lapangan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda yang berlokasi di Sidoarjo tersebut dalam rangkaian Lattek Keparaan siswa Dikkopaska Angkatan ke 42 Ta 2019.

Komandan Sekolah Komando Pasukan Katak (Dansekopaska) Pusdiksus Kodikopsla Mayor Laut (P) Sadarianto selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) menyampaikan bahwa terjun Static ini merupakan salah satu ketrampilan yang harus dikuasai oleh Siswa Dikkopaska sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas infiltrasi masuk ke daerah yang dikuasai musuh melalui media udara, baik perorangan maupun tim di Dropping Zone.

Menurutnya sebagai pasukan khusus TNI AL, prajurit Kopaska dituntut mampu melakukan infiltrasi dari empat media, yaitu darat, atas permukaan, bawah permukaan maupun media udara.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Lattek terjun statik ini menggunakan pesawat CASA NC212 milik Skuadron Udara 600 Wing Udara 1 Puspenerbal dari ketinggian 1.000 feet, yang merupakan salah satu materi Latihan Praktik Pasukan Udara (Lattek Keparaan), siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) TNI AL Angkatan XLII Tahun 2019.

Pamen melati satu dipundak tersebut menyampaikan bahwa terjun payung ini adalah meteri ujian tahap terakhir dalam Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) TNI AL. Setelah sebelumnya lolos dalam terjun tempur static dan Groud training terjun tempur AFF serta latihan pelayangan di Militery skydiving tunner (MST) di Mabes TNI

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of