PRAJURIT LANTAMAL XIV PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-111 TAHUN 2019

TNI AL

PK,.Sorong, 20 Mei 2019. Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. beserta para seluruh prajurit Lantamal XIV upacara peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 ini gabungan dengan seluruh prajurit Koarmada III, prajurit KRI Tatihu-853 dan parajurit Yonmarhanlan XIV. bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf (KS) Koarmada III Laksma TNI Dadi Hartanto, M. Tr. (Han) dan bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (KH) Syarifudin, S. Ag. Yang bertempat di Lapangan Mako Koarmada III.

Pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019 Irup membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara intinya “Saudara-saudara seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada kita Kitab Pararaton tertulis : Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi Tan Ayun Amuktia Palapa, Sira Gajah Mada. “Lamun Huwus Kalah Nusantara Isun Amukti Palapa, Lamun Kalah Ring Gurun, Ring Seran, Tanjung Pura, Ring Haru, Ring Pahang, Dompo, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana Isun Amukti Palapa”. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia, Wilayah Nusantara yang disatukan oelh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan Nasional kita”.

“Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita, sampai sekarang saat ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berlangsung dengan lancar. Peringatan hHari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan, bagi umat muslim bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian. Bangsa ini adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad, kuncinya ada dalam Dwilingga Salin Suara berikut ini: Gotong-Royong”.

Baca Juga :  Diskes Koarmada I Sentra Pelayanan Vaksinasi Covid-19 TNI AL

“Menurut Bung Karno : Jika kuperas yang lima ini menjadi satu, maka dapatlah aku satu perkataan yang tulen, yaitu perkataan gotong royong, gotong royong adalah pembantingan-tulang bersama, pemerasan-keringat be rsama, perjuangan bantu-binantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lopis-Kuntul-Baris buat kepentingan bersama! Itulah gotong royong!”. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja, kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan.

Saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global”.

Hadir pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M., para Asisten Pangkoarmada III, para Asisten Danlantamal XIV, para Kadis/Kasatker Koarmada III, Lantamal XIV, dan Yonmarhanlan XIV, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Koaramada III, Lantamal XIV, Yonmarhanlan XIV, dan KRI Tatihu-853.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of