PRAJURIT DAN PNS MARINIR KARANGPILANG PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

PRAJURIT DAN PNS MARINIR KARANGPILANG PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

TNI AL

PK,.Surabaya. Komandan Resimen Artileri 2 Marinr Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar, S.E., M.M. memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Sabtu (01/06/2019).

Upacara dengan Komandan Upacara Kapten Marinir Firmansyah Likur yang sehari-hari menjabat sebagai Danrai Baterai Gempur A Batalyon Arhanud 2 Mar tersebut diawali penaikan bendera Sang Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan Pembukan Undang Undang Dasar 1945 oleh Serda Mar Ari Prasetio dari Yon Arhanud 2 Mar dengan Perwira Upacara Letda Mar Asep Suud.

Pada kesempatan ini Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia,yaitu kondisi geografis yang memposisikan wilayah indonesia sebagai negara kepualuan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “Tanah Air Indonesia” kesatuan gugus pulau yang berada diantara dua samudera, Pasifik dan Hindia, serta dua benua, Asia dan Australia, mengukuhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, sebagaimana konsep wawasan Nusantara, ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan. Diwilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam, demikian pula secara Antropologi dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus di lakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bahwa memperingati dan merayakan hari lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni merupakan suatu keniscayaan. Kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, pendiri bangsa berhasil menggali fundamental bangsa Indonesia. Sebagai bangsa besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah sebut “JAS MERAH” untuk menghormati jasa pendiri bangsa,meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan Nasional (National Pride)

Baca Juga :  Perkuat Alutsista, TNI AL Bangun Kapal Frigate

Mengakhiri sambutan inspektur upacara, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila..

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanmenart 2 Mar Letkol Marinri Gunawan Tri Utomo, Wadanmen Banpur 2 Mar Letkol Marinir Darwin Tambunan, para perwira staf dan Dansatlak Marinir Karangpilang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments