Lintasi Sungai Dan Laut,Koramil 15/Kuala Kampar Cegah Karhutla & Sosialisasi TMMD 105

TNI AD

Pelalawan – Sebagai Koramil terluar bagian dari Kodim 0313/Kpr yang mempunyai wilayah pulau dan daratan, wilayah Koramil 15/Kuala Kampar yang terdiri dari Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Kerumutan dan Kecamatan Teluk Meranti terdiri dari berbagai bentuk alam dan kotur medan sebagian besar merupakan tanah gambut yang berpotensi kebakaran saat musim kemarau. Sabtu (6/7/2019)

Seperti tahun-tahun sebelumnya saat musim kemarau tiba wilayah tersebut sering terjadi kebakaran, baik lahan milik perorangan maupun perusahaan.

Menghindari terulangnya kejadian rutin kebakaran maka seluruh elemen masyarakat dan instansi yang ada bekerjasama mencegah dan mengurangi terjadinya karhutla yang dapat merugikan kesehatan dan dampak ekonomi serta turunnya wibawa negara.

Komandan Kodim 0313/Kpr Letnan Kolonel Inf Aidil Amin Sip MIpol melalui Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring menekankan kepada seluruh personel Babinsa supaya tetap aktif melaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla kepada warga masyarakaan binaan di wilayahnya masing-masing. Mengdakan kerjasama penanggulangan Karhutla dengan instansi terkait, perusahaan perkebunan dan kelompok masyarakat.

Salah satu personel Koramil 15/Kuala Kampar Sertu Humaidi Husen yang kesehariannya berdinas sebagai Babinsa perbatasan Kecamatan Kerumutan dan Kecamatan Teluk Meranti wilayah Desa Pangkalan Panduk dan Wilayah Desa Pangkalan Terap sekitarnya tetap aktif melaksanakan patroli dan sosialisasi bahaya Karhutla kepada warga masyarakat binaan walaupun harus menelusuri sugai dan laut.

Tidak semua wilayah rawan karhutla di wilayah Koramil 15/Kuala Kampar dapat ditempuh melalui jalan darat sehingga harus menggunakan jalur sungai dan darat.

Demi tercapainya tujuan dimana wilayah harus bebas Karhutla, Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar beserta instansi terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat yang ada harus tetap semangat dan aktif melakukan patroli maupun sosialisasi bahaya karhutla.

Baca Juga :  Aktivitas Rumah Sakit Lapangan Yonkes 2 Kostrad Pasca Gempa di Sulbar Berjalan Seperti Biasa

Disela-sela kegiatan Patroli Rutin dan sosialisasi Karhutla, Personel Koramil 15/Kuala Kampar melakukan sosialisasi pelaksanaan TMMD ke 105 Kodim 0313/Kpr yang akan dilaksankan pertengahan bulan Juli 2019 mendatang supaya masyarakat di desa binaan bisa mengetahui bahwa TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.(*)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of