TNI AL Menerima Kapal Cepat Rudal Terbaru Buatan Anak Negeri

TNI AL

Koarmada II. Surabaya, 25 Juli 2019.Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si menghadiri upacara peresmian dan pengukuhan KRI Kerambit-627 oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. di PT.PAL Surabaya, Kamis (25/7/2019).

Kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter ini adalah murni produksi PT. PAL Indonesia (Persero), yang akan memperkuat jajaran Koarmada I. Kapal sepanjang 60 meter ini memiliki kecepatan maksimal 28 mil/jam.

Nama Kerambit diambil dari senjata tradisional Minangkabau. Senjata berbentuk pisau genggam kecil dengan ujung melengkung ini dinobatkan sebagai senjata paling mematikan di dunia.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Pur) Ryamizard Ryacudu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dirut PT.PAL yang berhasil membangun kapal ini secara mandiri, disamping perlunya merubah mindset bangsa Indonesia dari konsumen menjadi produsen.

Menhan RI menambahkan jika kita semua patut berbangga bahwa saat ini kekuatan pertahanan RI telah berada pada urutan 10 besar dunia.

“Saya berharap dengan penyerahan KRI Kerambit ini akan dapat lebih meningkatkan efek gentar kekuatan daya tempur relatif pertahanan Indonesia yang tentunya akan diperhitungkan dalam meningkatkan parameter kekuatan pertahanan kawasan maupun dunia “, tegas Menhan RI.

Pada kesempatan yang sama ini Kasal juga melantik dan mengukuhkan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, S.H. lulusan AAL Angkatan 47 ini sebagai Komandan KRI Kerambit-627 yang pertama.
Seebelumnya TNI AL telah menerima tiga unit KCR 60 M, yakni KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, dan KRI Halasan-630.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Kasum TNI, para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kasal, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada I, Dankodiklatal, Gubernur AAL, para pejabat dilingkungan Kemhan RI dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of