Kursus Intensif Bahasa Inggris Korps Marinir TA.2019 Resmi Dibuka

TNI AL

Surabaya. Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) Korps Marinir Ta.2019 telah resmi dibuka oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, S E. di Lapangan Apel Puslatpasrat Gunungsari Surabaya, Rabu (07/08/2019).

Kursus Intensif Bahasa Inggris Korps Marinir Ta.2019 diikuiti oleh prajurit-prajurit Korps Marinir pilihan dari beberapa Satuan Jajaran Korps Marinir Wilayah Timur, antara lain dari Mako Pasmar 2, Brigif 2 Mar, Menart 2 Mar, Menkav 2 Mar, Menbanpur 2 Mar dan Komando Latih Korps Marinir. Adapun bertindak selaku Perwira Pelaksana dalam Kursus tersebut adalah Komandan Puslatpasrat Letnan Kolonel Marinir Anang Wijayanto.

Bertindak selaku Inspektur upacara dalam pembukaan Kursus Intensif Bahasa Inggris Korps Marinir Ta.2019 adalah Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S E., Komandan Upacara dijabat oleh Mayor Marinir A. Khumaidi, sedangkan Perwira Upacara Letda Marinir Baharudin.

Dalam amanat Komandan Kolatmar menyampaikan bahwa kursus tersebut akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan di wilayah timur, yang bertujuan untuk membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris kepada personel Korps Marinir baik reading, writing dan speaking sampai dengan tingkat level minimal elementary, dengan harapan kemampuan dasar berbahasa Inggris ini dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok dan dapat ditingkatkan ke level yang lebih tinggi lagi Bahwa kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris saat ini dan akan datang merupakan suatu keharusan dan wajib dikuasai oleh setiap prajurit Korps Marinir mengingat dalam agenda kegiatan tahunan Korps Marinir khususnya bidang operasi dan latihan terdapat kegiatan yang dilaksanakan secara gabungan bersama dengan Kesatuan – Kesatuan Negara lain.

Perlu diketahui bahwa Kolatmar merupakan Komando Pelaksana Korps Marinir yang memiliki tugas pokok meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir yang dalam melaksanakan tugasnya adalah merencanakan dan menyelenggarakan berbagai jenis latihan dan kursus.

Baca Juga :  Kalabpamsisjar Sosialisasikan Bijak Bermedsos Kepada Jajaran Jalasenastri

Kursus bahasa Inggris yang dilaksanakan rutin setiap tahun, perlu disadari bersama bahwa Kolatmar sebagai penyelenggara kursus bahasa Inggris tersebut memiliki banyak keterbatasan baik SDM maupun sarana dan prasarana yang mendukungnya, namun demikian Kolatmar sangat berharap adanya kerjasama yang baik antara Kolaks Kormar / Pasmar, peserta kursus demi terlaksananya kegiatan tersebut.

Waktu 3 bulan cukup untuk membekali materi para peserta dengan managemen waktu yang baik sangat menunjang kesuksesan kursus ini. Para peserta diharapkan mampu memanfaatkan waktu dengan baik, serius dalam mengikuti kursus dan memahami materi yang diberikan oleh Instruktur. Para Instruktur juga diharapkan memiliki manajemen dan metode yang baik dalam menyampaikan materi kepada peserta sehingga peserta dengan mudah menerima dan memahami materi yang diberikan. Komandan Kolatmar yakin kursus tersebut dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang optimal sehingga dapat menjadikan sebagai bekal para peserta dalam mendukung pelaksanaan tugas di Kesatuan masing – masing.

Sebelum mengakhiri amantnya Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S E. memerikan beberapa hal penting untuk dipedomani antara lain, Pertama, Laksanakan kursus dengan baik, serius dan sungguh – sungguh agar kalian dapat menyerap semua materi yang diberikan secara maksimal. Kedua, Pahami materi kursus yang diberikan dan disampaikan oleh Instruktur serta diskusikan apabila ada hal – hal yang belum saudara mengerti. Ketiga, Jadikan saudara mahir dalam membaca, menulis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mendukung tugas pokok di Kesatuan. Keempat, Manfaatkan waktu untuk tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris saudara dengan cara aktif berkomunikasi baik didalam kelas saat menerima pelajaran maupun diluar jam – jam pelajaran.

Selanjutnya Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. berpesan kepada Komandan Puslatpasrat Letnan Kolonel Marinir Anang Wijayanto selaku Perwira Pelaksana (Palaklat) dalam kursus tersebut beserta seluruh Instruktur utnutk melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing – masing secara optimal dalam mendukung pelaksanaan kursus tersebut. Kemudian kepada para Perwira Staf Mako Kolatmar supaya ikut dukung dan koordinasikan dengan satuan terkait agar program kursus tersebut berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan yang diharapkan, sambung arahan Komandan Kolatmar dalam amanatnya.

Baca Juga :  Danpomal Lantamal XII Pontianak Pimpin Operasi Gabungan

Adapun pejabat yang hadir dalam Upacara Pembukaan Kursus Intensif Bahasa Inggris Korps Marinir Ta.2019 antara lain ; Aspers Pasmar 2 yang diwakili Pabanrenpers Pasmar 2 Latkol Marinir Agus Widodo, Perwira Staf Mako Kolatmar, Paspers Brigif 2 Mar Letkol Marinir Mujibur Rohman, Paspers Menart 2 Mar Letkol Marinir Bassir, Paspers Menkav 2 Mar Letkol Marinir Soegeng, Paspers Manbanpur 2 Mar yang diwakili Kapten Mar Gurkan, Danpusatpasrat Kolatmar Letkol Mar Anang W, Dan Puslatpurmar 3 Grati dan Para Perwira Puslat Pasrat Kolatmar

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of