Komandan Kodiklatal Pimpin Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M

TNI AL

PK,.Kodiklatal Surabaya, 13 November 2019.Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto, memimpin pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M yang diikuti prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan perwakilan anggota Jalasenastri Gabungan Kodiklatal. Adapun peringatan Maulid Nabi tersebut dipusatkan di Masjid Ibadurrahman Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Hadir dalam peringatan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.I.P., M.A.P, Dirum Laksamana Pertama TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Dankodikopsla Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han). Selain itu hadir pula perwakilan pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal dan Ustaz Dr. Ahmad Muzakki Al Hafidz sekaligus sebagai penceramah.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa makna Maulid Nabi yang terus diperingati setiap tanggal kelahiran beliau, bukan hanya bersifat seremonial, namun sebuah momen spiritual untuk mengingatkan kita bahwa Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup kita. Tidak hanya menjadi tokoh sejarah fiktif dalam diri kita, tapi betul-betul secara konkret tertanam, mengakar, menggerakkan detak-detak jantung dan aliran darah ini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kita tidak boleh mengabaikan Uswahtul Hasanah Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasallam, karena kesungguhan mengikuti teladan rasulullah secara utuh dalam mengarungi perjuangan hidup ini adalah kunci menuju kehidupan umat yang lebih maju dan bermartabat di masa yang akan datang.

Adapun uraian lebih luas tentang hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam, akan disampaikan oleh Ustaz Dr. Ahmad Muzakki Al Hafidz, Imam besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, dengan tema, ”Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam Tahun 1441 H/2019 M Kita Implementasikan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Guna Mewujudkan Prajurit Dan Pns Tni Profesional Kebanggaan Rakyat.

Baca Juga :  Pembekalan Bela Negara Pramuka Saka Bahari di isi dengan Bakti Sosial di Rahlat TNI AL Grati

Sementara Ustaz Dr. Ahmad Muzakki Al Hafidz dalam ceramahnya menyampaikan bahwa Rosul atau nabi adalah manusia biasa hal ini sesuai Surat QS. Al-Kahf Ayat 110 yang artinya “Katakanlah, sesungguhnya aku hanyalah manusia seperti kamu. Hanya saja kepadaku disampaikan wahyu.” Menurutnya yang wajib kita percayai bahwa nabi dan rosul ada 25, akan tetapi dari 25 tersebut ada lima yang benar benar menjadi kekasih Allah karena keteguhan hatinya. Kelima nabi tersebut adalah Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.

Berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut agar umat Muslim meneladani apa yang menjadi sifat-sifat Rasulullah. Adapun sifat sifat tersebut adalah Shidiq yang artinya selalu berkata benar, amanah yang berarti dapat dipercaya, Tabligh yang artinya menyampaikan kebenaran dan Fathonah yang artinya Cerdas.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of