Komandan Lanal Batuporon Irup Upacara Bela Negara Tahun 2019

TNI AL

PK,.Lantamal V (17/12), —Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, Lantamal V  Letkol Laut (P) Teguh Wibowo M, Tr. Hanla didaulat sebagai irup pada upacara Hari Bela Negara yang digelar di Lapangan Kantor Pemkab Bangkalan Jln.Soekarno Hatta No.35 Bangkalan, Selasa (17/12)

Kegiatan yang mengusung tema “Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat” ini dipimpin Komandan Upacara, Kapten Laut (P) Achmad Hadi.

Tampak hadiri Bupati Kab. Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, Wakil Bupati Kab. Bangkalan Drs. Mohni, Danramil 01 Kapten Inf. Hasbullah,  Waka Polres Bangkalan Kompol Decky Hermansyah, Kajari Bkl, Badrut Tamam SH., Ka PN Bangkalan Dr. Maskur Hidayat S. J., M.H., Ketua Pengadilan Agama Kab. Bkl, Drs Abdul Samad, MH., Ketua DPRD Bkl Moh.Farhad., Sekda Kab. Bkl, Setijabudi.

Dalam upacara tersebut ikut serta pula satu peleton pasukan upacara dari Lanal Batuporon, anggota TNl Polri,  Korpri Bangkalan, anggota Pol PP, Brajaguna Bkl, serta Siswa siswi SMA Bangkalan.

Danlanal Batuporon yang di temui seusai mengikuti pelaksanaan upacara mengatakan, bahwa upacara ini digelar dimaksudkan untuk untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr.  Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948.

Menurutnya, Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup Berbangsa dan bernegara, sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara.

“Yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara,” terangnya.

Melalui bela negara ini lanjutnya,  diharapkan akan terbangun karakter disiplin, optimisme, taat hukum, bekerja keras untuk negara dan bangsa, serta melaksanakan perintah Tuhan sesuai agamanya masing-masing guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of