Satgas Yonif 713 Bersama Warga Kampung Bugis Panen dan Pembibitan Ikan Air Tawar

TNI AD

PK,.PAPUA,.—Satgas Yonif 713/ST Pos Koya Koso bersama degan warga Kampung Bugis pada pukul 08.00 WIT melaksanakan kegiatan panen dan pembibitan ulang ikan air tawar bertempat di Kampung Holtekkam, Senin (16/12/2019).

Manfaat makan ikan air tawar sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Ikan ini memiliki sejumlah nutrisi yang berbeda dengan ikan air laut. Ikan umumnya memiliki karakteristik tulang yang lebih kecil dibandingkan ikan air laut. Kandungan gizi pada ikan ini sangat tinggi dengan mengandung protein hampir sebanyak 30 persen. Ikan ini juga rendah lemak dan mengandung asam lemak omega-3, meski tak setinggi ikan air laut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Serda Djulikra (Danru 1 Pos Koya Koso Satgas Yonif 713/ST), anggota Pos Koya Koso, Bapak Sandi (pemilik tambak) dan Bapak Aulia (warga Kampung Bugis).

Dalam kegiatan ini sebelum melaksanakan memanen ikan terlebih dahulu melaksanakan pengenalan jenis ikan air tawar, cara pembibitan dan cara untuk memanen ikan. Setelah pengenalan atau sosialisasi selesai kemudian personel Pos Koya Koso bersama sama warga setempat melaksanakan kegiatan memanen ikan dan pemisahan bibit ikan guna untuk selanjutnya ikan tersebut akan dijadikan sebagai induk dalam pembibitan.

Tepat pada pukul 11.45 WIT kegiatan panen dan pembibitan ulang ikan air tawar selesai dilaksanakan dengan keadaan aman, Bapak Aulia warga Kampung Bugis mengungkapkan rasa terimakasihnya karena bapak-bapak TNI dapat hadir dalam panen dan pembibitan ulang ikan air tawar ini “Dengan hadirnya bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif 713/ST tentunya dapat memberikan beberapa kesan dikemudian hari bahwa TNI bukan identik dengan perang, perang dan perang melainkan juga dapat melaksanakan kegiatan seperti halnya bertani, berkebun dan berternak seperti pada saat ini yaitu melaksanakan kegiatan panen dan pembibitan ikan air tawar”, ujarnya.

Baca Juga :  Pertama Di Merauke, Serka Ardian Manulang Berhasil Mengembangkan Rice Milling Unit Untuk Membantu Petani

Serda Djulikra mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini bukan hanya untuk bertukar ilmu tentang bagaimana cara dan teknik dalam memanen dan pembibitan ikan air tawar saja melainkan untuk menjaga tali silaturahmi dari Satgas kepada masyarakat di sekitar Pos, dimana keberhasilan suatu Satgas bukan dilihat dari hasil operasinya saja tetapi juga dilihat dari seberapa besar pengaruh Satgas terhadap masyarakat sekitar kaitannya dengan pendidikan ataupun kemajuan masyarakat di sekitar Pos, karena kami berharap dengan hadirnya Satgas Yonif 713/ST dapat memberikan efek positif untuk masyakarat di sini”, ungkapnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of