Tim Peninjau Bulan Trisila Mabesal Gelar Evaluasi di Kodiklatal

TNI AL

PK,.Kodiklatal Surabaya, 21 Desember 2019,.–Guna meningkatkan sekaligus membangun kembali budaya dan tradisi TNI Angkatan Laut, peraturan dinas dalam khas TNI AL serta bagaimana cara prajurit TNI AL bersikap, tim peninjau bulan Trisila dari Mabesal yang dipimpin langsung Kolonel Laut (T) Safriadin menggelar evaluasi pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Prajurit Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal).

Evaluasi yang dilaksanakn di Ruang Rapat Direktorat Pendidikan dan Latihan (Ditdiklat) Gedung Kihadjar Dewantara kesatrian Bumimoro Kodiklatal juga dihadiri tim peninjau Mabesal lainya yaitu Kolonel Laut (E) Darojat dan Kolonel Laut (T) Isrovi serta dihadiri para Paban dibawah Ditdiklat Kodiklatal.

Mengawali evaluasi ketua tim peninjau Mabesal Kolonel Laut (T) Safriadin menyampaikan bahwa makna Trisila TNI AL dalam bahasa sansekerta, “Tri“ berarti Tiga sedangkan “sila“ berarti azas atau dasar. Jadi trisila TNI AL berarti tiga azas atau pedoman dasar antara lain disiplin berarti bahwa anggota TNI AL menaati segala peraturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran pengabdian.

Kedua adalah hierarki berarti bahwa anggota TNI AL menempatkan diri dan bertindak sesuai dengan tata urut urutan kepangkatan, kedudukan dan jabatan didalam organisasi dan pola pembinaan tni al. Sedangkan ketiga adalah kehormatan militer berarti bahwa anggota TNI AL menjunjung tinggi nama baik angkatan dan negara dengan selalu berfikir, bersikap dan berbuat tanpa cela.

Dari pelaksanaan kegiatan selama ini dirinya berharap agar para prajurit meningkatkan profesionalitas dan kemampuan mengenai materi yang dilaksanakan selama ini antara lain penanganan latihan kebakan, Peraturan Baris berbari, Peraturan Penghormatan Militer,Tata Upacara Militer, Peraturan Dinas Dalam dan Peraturan Dinas Tentara.

Menurutnya peningkatan kemampuan bagi prajurit Kodiklatal tersebut sangat diperlukan mengingat Kodiklatal adalah lembaga pendidikan tempat mencetak prajurit matra laut sedbagai pengawak organisasi TNI AL.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of