Batalyon Intai Amfibi 3 Marinir Menyerang Pulau Jefman

TNI AL

PK,.SORONG,.—Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol S.Sos., M.M., yang didampingi oleh Asisten Operasi Pasmar 3 Kolonel Rudi H Marpaung meninjau prajurit Yontaifib 3 Marinir yang sedang melaksanakan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) III TW IV di pulau Jefman Sorong, Papua Barat. Kamis (16/01/2020)

Kedatangan Danpasmar 3 beserta rombongan di daerah latihan tersebut disambut oleh Komandan Batalyon Intai Amfibi 3 Marinir (Danyon Taifib 3 Mar) Mayor Marinir Achmad Yulianto M. Tr. Opsla selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Kapten Marinir Arie Mahendra dengan materi latihan Exfiltrasi Dengan Tekanan (Hot Extration).

Latihan ini disimulasikan Prajurit Yontaifib 3 Marinir dengan kekuatan 1 tim berhasil menyusup ke Pulau Yefman yang telah dikuasai musuh melalui infiltrasi bawah permukaan. Mereka mendapatkan perintah dari satuan atas untuk melaksanakan raid dan sabotase terhadap pusat kekuatan musuh yg ada di Pulau Yefman.

Secara rahasia prajurit Yontaifib 3 Marinir berhasil menyusup mendekat ke sasaran dan sasaran berhasil dihancurkan. Setelah berhasil melaksanakan sabotase tim Yontaifib 3 Marinir menuju pick up point yg telah ditentukan untuk melaksanakan exfiltrasi. Dalam pelaksanaan exfiltrasi tersebut tim mendapatkan serangan dari musuh, lalu dengan sigap tim Taifib menahan serangan tersebut dengan metode Hot Extraction .

Tembakan terus dilancarkan, bergerak saling melindungi sampai menuju alat angkut yang telah disiapkan satuan atas berupa perahu karet.

Dalam proses exfiltrasi meninggalkan pulau Yefman tim terus mendapat tekanan dari pihak musuh, akan tetapi dengan kemampuan yg dimiliki tim Taifib berhasil membalas dengan tembakan yang dilancarkan dari atas perahu karet. Dan akhirnya Tim Yontaifib 3 Marinir berhasil melaksanakan exfiltrasi.

Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis dan taktis prajurit Yontaifib 3 Marinir dalam mendukung operasi darat dan operasi khusus lain nya guna melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai pasukan khusus TNI Angkatan Laut.

Baca Juga :  DITENGAH OPERASI SAR KORBAN KAPAL TENGGELAM YANG MASIH DIGELAR, TNI AL TETAP BERIKAN PELAYANAN VAKSINASI DI PONTIANAK

“Dengan diadakannya latihan ini, diharapkan kemampuan prajurit sebagai peselam tempur dapat semakin meningkat sehingga siap menjawab tantangan tugas dimasa yang akan datang”, Pungkas Danpasmar 3.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of