SINERGIKAN KEAMANAN LAUT DAN GAIRAHKAN EKONOMI MARITIM MELALUI COFFEE MORNING

TNI AL

PK,.JAKARTA,.—Dalam rangka mensinergikan keamanan laut dan menggairahkan ekonomi maritim, serta Sosialisasi Program Safety Sailling di wilayah Perairan Dumai, Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai menggelar Coffee Morning Stake Holder Keamanan Laut dan Asosiasi Pengguna Laut, bertempat di Mako Lanal Dumai, Senin (2/3/2020).

Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., menyampaikan bahwa potensi kemaritiman kawasan Dumai sebenarnya luar biasa apabila dikelola secara optimal berbagai potensi yang ada saat ini dan dimasa mendatang.

Keuntungan geografis yang berada di pelintasan lalu lintas pelayaran internasional yang padat untuk mengangkut berbagai komoditas antar benua melalui Selat Malaka.

Lebih disampaikan bahwa Dumai berada di salah satu bibir selat yang sangat padat dengan aktivitas pelayaran dunia dan memiliki nilai strategis tinggi karena merupakan bottle neck berhadapan dengan Malaysia. Apabila Dumai berhasil menjadi kota pelabuhan bertaraf internasional akan mampu meningkatkan pendapatan dari sektor maritim.

Aktivitas kemaritiman yang dapat menjadi sumber devisa apabila sebagian besar kapal-kapal lintas samudera melakukan aktivitasnya Harbour Service mulai dari pemanduan, lego jangkar, jasa sandar, bongkar muat, refueling, pengisian logistik, dan multy player effect terhadap sektor pertanian maupun tourism, serta jasa layanan lainnya.

“Namun untuk menarik perhatian pengguna laut lintas benua tidaklah mudah, harus didukung oleh sejumlah layanan standart internasional serta sumber daya manusia yang memiliki kompetensi global. Demikian juga jaminan keamanan laut yang handal sehingga para pengguna laut merasa nyaman dan aman serta pelayanan yang tidak menyulitkan mampu bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan terdekat di Singapura maupun Malaysia,” ujar Danguskamla Koarmada I.

“Mencapai kondisi yang diharapkan tersebut harus dilaksanakan secara sinergis dan terpadu antar instansi pemerintah, TNI, Polri maupun para Pengguna Laut dan jasa kemaritiman yang ada di Dumai harus berkolaborasi positif,” demikian disampaikan Laksma Yayan Sofiyan.

Baca Juga :  Kasal Hadiri Pemecahan Rekor Muri Tanam 300.074 Pohon Mangrove Di Seluruh Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Danguskamla Koarmada I juga menginisiasi pembentukan Forum Komunikasi Pengguna Laut dan Jasa Kemaritiman dan Program Safety Sailing.

Acara Coffee Morning dihadiri oleh Walikota Dumai H. Zulkifli, Danlanal Dumai, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Kantor Imigrasi, Kepala Kantor Bea dan Cukai, Kepala Kantor SAR, Danden Rudal TNI AD, Dansatradar TNI AU, para pengguna Laut dan Jasa Kemaritiman yang berada di Dumai diperkirakan berjumlah 130 orang.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of