UPAYA KETAHANAN PANGAN JALASENASTRI DAN KELUARGA PRAJURIT LANAL YOGYAKARTA HADAPI PANDEMI COVID-19

UPAYA KETAHANAN PANGAN JALASENASTRI DAN KELUARGA PRAJURIT LANAL YOGYAKARTA HADAPI PANDEMI COVID-19

TNI AL

PK,.YOGYAKARTA. Dalam rangka mendukung ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19, Jalasenastri dan keluarga prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II melaksanakan pembibitan dan penanaman tanaman pangan dan tanaman obat keluarga (Toga) dengan memanfaatkan ruang lahan rumah, seperti yang dilaksanakan di rumah Perwira Pertama (Pama) Lanal Yogyakarta Lettu Laut (P) Benu Purnomo dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Dian Benu Purnomo di dusun Jeblog RT 03 ds. Tirtonirmolo Kec. Kasihan Kab. Bantul Yogyakarta pada Kamis (23/04/20).

Pembibitan dan penanaman tersebut sesuai dengan himbauan Komando Atas (Kotas) TNI-TNI AL, maupun dari pimpinan Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro dan Ketua Cabang 8 Korcab V DJA II Ny. Shanty Bambang Adriantoro, untuk ketahanan pangan dan saat siaga menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) Jalasenastri dan keluarga prajurit Lanal Yogyakarta melaksanakan penanaman tanaman pangan dan Toga menggunakan lahan kosong maupun lahan tanam baik milik dinas maupun di rumah keluarga prajurit TNI AL/Lanal Yogyakarta masing-masing melalui konsep Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yakni dengan pembibitan dan penanaman tanaman dalam memenuhi kebutuhan pangan dan obat rumah tangga sehingga diharapkan pemanfaatan pekarangan sangat potensial sekali dalam menyediaan pangan yang cukup dan beragam, minimal bagi keluarga bahkan lingkungan sekitar.

Adapun dalam kesempatan pembibitan dan penanaman tanaman dilaksanakan di lahan rumah Lettu Laut (P) Benu Purnomo dan Ny. Dian Benu Purnomo meliputi, tanaman pangan yakni sawi, kangkung, cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, kemanggi, adapun untuk tanaman Toga yakni kunir putih, jahe emprit, keladi, serai, kencur, jahe, cabe obat, sirih dan jeruk nipis dengan media tanam polybag dan semi hidroponik.

Baca Juga :  Duka Mendalam Masih Dirasakan Jajaran TNI AL

Danlanal Yogyakarta dan Ketua Cabang 8 Korcab V DJA II berharap agar Jalasenastri dan keluarga prajurit Lanal Yogyakarta lainnya juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong untuk mendukung ketahanan pangan serta untuk memperoleh berbagai keuntungan dari pekarangan dengan ditanami berbagai jenis tanaman untuk membantu memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar, sehingga kemampuan dan kekuatan pangan dan obat tercukupi disaat Pendemi Virus Covid-19 masih terjadi.(NSR/bang natsir).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments