Perwakilan Perwira TNI Indonesia tetap semangat belajar Bahasa Korea di tengah Pandemi Covid-19 di Korea Selatan

Perwakilan Perwira TNI Indonesia tetap semangat belajar Bahasa Korea di tengah Pandemi Covid-19 di Korea Selatan

TNI AD

PK,.JAKARTA,.Senin,(22/6) —–Pada tahun 2020 ini kembali TNI mengirimkan delegasi perwiranya sebanyak lima orang untuk belajar di Korea Selatan. Delegasi perwira siswa TNI terdiri dari berbagai matra yang dipimpin oleh Kolonel Marinir Sungatijantoro dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Bersama 79 perwira siswa internasional lainnya dari 23 negara, delegasi perwira siswa TNI memulai pendidikan di salah satu lembaga pendidikan bahasa yang bernama KDLI (Korea Defense Language Institute) yang terletak di kota Icheon, 80 km di sebelah Selatan Kota Seoul.

Pendidikan bahasa Korea ini merupakan pendidikan pengantar sebelum menempuh pendidikan utama baik di NDU (National Defense University) setingkat Lemhanas, maupun JFMU (Joint Forces Military University) setingkat Sesko Angkatan.

Namun dalam pelaksanaan pendidikan kali ini tidaklah seperti biasanya karena hampir seluruh negara di dunia termasuk Korea Selatan masih dalam status siaga Covid-19. Sehingga banyak kebijakan pemerintah yang memberikan pembatasan terhadap segala bentuk kegiatan dan pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Karena kebijakan tersebut, mengakibatkan kegiatan kelas tatap muka menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, puji Tuhan, delegasi perwira siswa TNI pada khususnya dapat melaksanakan kegiatan belajar secara tatap muka di kelas sehingga membuat para perwira siswa manca negara lainnya semakin bersemangat dalam menerima pelajaran.

Dalam kurun waktu kurang lebih empat bulan pertama, delegasi perwira siswa TNI sudah menorehkan beberapa prestasi membanggakan di mana delegasi Indonesia meraih juara lomba foto bertema Covid-19 yang diselenggarakan KDLI dengan memadukan unsur taekwondo dan unsur budaya Indonesia yang diinisiasi oleh Mayor Marinir Faizal Imam dan Mayor Laut (P) Nana Suryana dari TNI AL. Kemudian prestasi lainnya diraih oleh Mayor Kav Ronald Tampubolon dari TNI AD yang mendapatkan peringkat 1 pada Ujian Gabungan di KDLI.

Baca Juga :  Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo Laksanakan Green Belt Di Selatan Bandara NYIA.

Tidak sampai di situ, prestasi berikutnya ditandai dengan keberhasilan perwakilan perwira siswa Indonesia meraih piagam penghargaan dari Komandan KDLI dalam dedikasinya dan memberikan contoh teladan kepada siswa lainnya dalam proses belajar mengajar di kelas. Penerima piagam penghargaan tersebut adalah Kolonel Marinir Sungatijantoro dari TNI AL dan Mayor Penerbang Siswantoyo dari TNI AU.

Dengan berbagai prestasi dan penghargaan tersebut tidaklah membuat delegasi perwira siswa TNI bisa berpuas diri karena tantangan ke depan masih banyak dan proses belajar di Korea Selatan masih berlangsung lama. Dengan demikian dibutuhkan konsistensi dan tekad yang kuat dari masing-masing perwira siswa TNI untuk dapat mengharumkan nama TNI dan negara Indonesia di kancah internasional.

Semoga wabah Covid-19 dapat berakhir dengan cepat, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan. Sehingga proses belajar mengajar yang masih banyak belum berjalan bisa dilanjutkan kembali namun tetap dengan mengutamakan faktor kesehatan dan keamanan.

(RT/ATR)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments