DIPIMPIN OLEH DANPOSAL MARORE, MASYARAKAT NELAYAN KAMPUNG MARORE IKUTI UPACARA HUT KE-75 RI DI LAUT

TNI AL

JAYAPURA,.—-Ragam cara yang dilakukan masyarakat untuk menyemarakan dan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Kampung Marore, Kecamatan Marore, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dalam peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020.

Dipimpin langsung oleh Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Marore Letda Laut (P) Suendra, masyarakat pesisir Kampung Marore beserta instansi pemerintah daerah, TNI-POLRI, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama tetap bersemangat, bersama-sama melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Laut Marore, tepatnya di perairan Pelabuhan Marore, meskipun Bangsa Indonesia masih diselimuti keprihatinan karena wabah Covid-19.

Baca Juga :  Gubernur AAL Hadiri Upacara Pelantikan Dikmaba TNI AL

Kegiatan yang di laksanakan oleh Posal Marore ini tidak halnya ada di Marore.

Kegiatan Ini dilaksanakn Serentak di Posal Posal di bawah Lanal Tahuna di Bawah Pimpinan Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius M.Tr Hanla,.M.M pelaksanaan Upacara di Kab Kepl Sangihe , Acara ini buat secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan kekhidmatannya.

Dengan melibatkan para nelayan dari 3 kampung (Ledongan), masyarakat menyambut baik dan sangat antusias dalam momentum yang sakral bagi Bangsa Indonesia ini, terbukti sebanyak 54 nelayan di atas pamboatnya, dengan penuh khidmad memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih dan ikut serta dalam pengibaran bendera secara bersama di atas Pamboat

Upacara yang diikuti oleh puluhan nelayan beserta pambutnya ini terdiri dari masyarakat Ledongan 1 mengerahkan 22 armada pambutnya, Ledongan 2 mengerahkan 11 perahu dan Ledongan 3 mengirim 21 pamboat.

Posal Marore merupakan satuan yang berada di bawah kendli Lanal Tahuna , berkedudukan di pulau Marore kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Filiphina.

Dalam perayaan HUT Ke-75 RI ini, Lantamal VIII dan jajarannya membagikan dan mengibarkan sebanyak 1945 bendera merah putih, tersebar di daerah satuan masing-masing.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut dintaranya, Camat Marore Ibu Imelda Lawendatu, Danramil 10 Marore Mayor Inf Komang, Kapolsek Marore Iptu Rudin P. lanta ka, Dansatga 711 Sertu Firmam, PLO Philipina Sergen Morano, Karantina kesehatan Pelabuhan sdri Mahdalena, Karantina Ikan sdr. Hardi, Syahbandar sdr. Fahdli, Kepala Puskesmas Ibu Berwin, Kepala Jamaat Marore Bpk. Simolang, Kepala Kampung Marore.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of