Efektifitaskan Perubahan Perilaku Dimasa Pandemi, Pangdam IX/Udayana Ikuti Rakor dengan Menko Marves RI

TNI AD

Denpasar – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengikuti rapat koordinasi melalui Video Conference (Vidcon) yang dipimpin oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A, di ruang Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Senin (5/10/2020) malam, dengan pembahasan tentang perubahan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19,

Pada kesempatan tersebut, Menko Marves RI pada intinya menyampaikan, dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini sangat besar manfaatnya serta dapat dirasakan dampaknya bagi diri sendiri maupun orang lain guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terutama untuk menekan klaster kasus baru yang positif maupun yang meninggal dunia.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Trumon Bantu Masyarakat Membajak Sawah
Meskipun sebenarnya masyarakat sudah memahami serta menerapkan prinsip utama protokol kesehatan, namun masih ada ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi dan tidak menerapkan protokol kesehatan, ini terjadi dikarenakan tidak ada sanksi yang tegas yang dilakukan petugas di lapangan terhadap pelanggar tersebut.

“Payung hukum sudah dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah, saya harapkan petugas di lapangan bisa lebih tegas dalam menerapkan protokol kesehatan terhadap pelanggar tersebut, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, ucap Menko Marves RI.

Lebih lanjut Menko Marves RI menekankan agar para petugas juga melakukan sosialisasi yang intensif tentang perubahan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut agar dilaksanakan secara all-out dan tetap bersinergi dengan semua pihak termasuk melibatkan aparat dari TNI-Polri, guna menerapkannya kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana dan jajaran telah mengefektifkan pengerahan pasukan untuk membantu pemerintah daerah dan Polda bali dalam melaksanakan pendisiplinan protokol Kesehatan terhadap masyarakat Bali dengan tetap mempedomani faktor efisiensi dalam penerapannya tersebut.

Sedangkan untuk sistem pelaporan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 termasuk jumlah pasien OTG, ODP dan PDP serta yang sembuh dan juga yang meninggal dunia, telah disesuaikan dengan sistem pelaporan yang ditetapkan dari Menkes RI.

“Penggunaan aplikasi pelaporan jumlah pasien yang terdampak Covid-19, baik yang dalam perawatan, sembuh dan meninggal, telah disesuaikan dengan sistem pelaporan yang ditetapkan dari Menkes RI dan dari Mabes TNI, sehingga data yg dilaporkan dan diterima oleh satuan atas senantiasa update dan akurat”, kata Pangdam.

Hadir mendampingi Pangdam dalam kegiatan Vidcon yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut antara lain Kasdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana dan Karumkit Tk II Udayana. (PendamIX/Udy)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of