Jelang Hut TNI, Unsur Koarmada I Gelar Latihan Manuver Di Perairan Jakarta

Jelang Hut TNI, Unsur Koarmada I Gelar Latihan Manuver Di Perairan Jakarta

TNI AL

PK. Jakarta, 1 Oktober 2020,– Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tanggal 5 Oktober 2020 mendatang, unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Koarmada I menggelar Latihan Manuver di Perairan Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Kegiatan latihan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang didampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. Latihan tersebut sekaligus inspeksi terhadap kesiapan operasional unsur-unsur TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada I dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dari kapal musuh pada saat melakukan operasi di laut.

Baca Juga :  Mayor Laut (E) Agus Budi Setyawan, S.T Jabat Komandan Sebalek Pusdiklek Kodiklatal
Gelar latihan manuver melibatkan 7 (tujuh) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Bung Tomo-357, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Wiratno-379, KRI Halasan-630, KRI Kerambit-627, KRI Tenggiri-865 dan KRI Cucut-866. Selain KRI yang merupakan tulang punggung TNI Angkatan Laut, latihan tersebut juga melibatkan 1 (satu) Helly Panther.

Dari atas KRI Bung Tomo-357 Kasal yang didampingi Pangkoarmada I berkesempatan menyaksikan kesiapsiagaan unsur-unsurnya yang sedang berlayar. Latihan membentuk formasi maupun latihan berbagai peran dilaksanakan untuk mengukur kemampuan dari unsur unsur. Selain itu, latihan tersebut juga dilakukan guna memelihara kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas yang diemban TNI AL.

Pada inspeksi latihan tersebut, Kasal mengatakan agar setiap prajurit tetap memelihara semangat dalam melaksanakan latihan meskipun dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini. “Latihan harus tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan dari pemerintah”, tegas Kasal.

“Latihan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kesiapan operasional KRI dalam melaksanakan tugas yakni menjaga kedaulatan perairan Indonesia dari berbagai ancaman dan tindak ilegal yang membahayakan negara”

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., menambahkan “Inspeksi latihan ini merupakan perhatian pimpinan Angkatan Laut untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI di jajaran Koarmada I dalam menghadapi tugas-tugas yang akan diembannya. Selain itu latihan dilakukan untuk meningkatkan semangat dan kedisiplinan para ABK KRI dalam melaksanakan tugasnya yakni menjaga dan memelihara Alutsista yang dipercayakan Negara” pungkas Pangkoarmada I.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments