DANBRIGIF 4 MARINIR/BS MEMBUAT RUMPON DI PERAIRAN KABUPATEN PESAWARAN LAMPUNG

TNI AL

PK,.LAMPUNG,.—Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi S.E., M.M memimpin langsung pembuatan Rumpon Brigif 4 Marinir/BS di Pantai Marine Eco Park (MEP) Piabung Kec. Padang Cermin Kab. Pesawaran Lampung, Senin (02/11/2020).

Rumpon ini dibuat menggunakan potongan batang kelapa, kayu dan memanfaatkan pelepah sawit yang ada di area Mako Brigif 4 Marinir/BS secara manual “ungkap Kolonel Marinir Nawawi S.E., M.M”.

Baca Juga :  Ibu Ketua Cabang 4 Korcab V DJA II Hadiri Karnaval Dukderan Tradisi Sambut Kedatangan Bulan Romadhon
Lebih lanjut, Komandan Brigif 4 Marinir/BS menyampaikan tujuan pembuatan Rumpon adalah untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar Rumpon. Selain itu, Rumpon juga bermanfaat untuk mengembalikan ekosistem laut seperti aslinya dimana ditempat tersebut berkumpul ikan kecil dan plankton serta tumbuhan laut yang dapat memikat ikan besar berdatangan. Saat ini Brigif 4 Marinir/BS telah memasang 42 Rumpon yang tersebar dibeberapa titik di sekitar Pantai Marine Eco Park, dimana di tempat ini pula kita melaksanakan budidaya berbagai macam ikan laut dengan metode Keramba Jaring Apung.

Rencananya kita akan kembangkan lagi pembuatan Rumpon tersebut di Pantai Mutun dan Pantai Tanjung Putus serta pantai lainnya disekitar Kabupaten Pesawaran ini dengan harapan dengan adanya Rumpon-rumpon tersebut, ikan akan berkumpul disekitaran pantai sehingga dapat membantu menambah penghasilan bagi masyarakat atau nelayan sekitar. Apabila ikan berkumpul, nelayan ataupun masyarakat tidak perlu jauh ketengah laut untuk mencari ikan, “pungkasnya”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pasintel Brigif 4 Marinir/BS Letkol Marinir Suci Purnomo S.Pd., M.M., Paslog Letkol Marinir Hadi Al Hasny S.A.P., M.M., M.Tr.Hanla dan Perwira Mako Brigif 4 Marinir/BS lainnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of