Pemuda Sakit Malaria Diobati Satgas Yonif 413 Kostrad

TNI AD

PK,.(Jayapura-Papua). Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Mosso membantu pemuda Kampung yang mengalami sakit malaria di Pos Satgas Mosso Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Sabtu (28/11/2020).

Dansatgas mengatakan bahwa setelah kedua pemuda tersebut dilakukan Rapid Diagontic Test (RDT) hasilnya menunjukkan keduanya mengidap Malaria Tropika. “Kebetulan stock RDT Malaria kami berlebih yang merupakan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura, jadi kami dapat langsung mengetahui kedua pemuda tersebut positif mengidap malaria,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pangdam XII/TPR Pimpin Sertijab Danbrigif 19/KH dan Penyerahan Jabatan Golongan IV
Diketahui pemuda yang mengeluhkan malaria tersebut bernama Saban Nutafua (24) yang diantar oleh kedua rekannya bernama Alberto (26) dan Rafael (22) yang memang sudah akrab sebelumnya bersama anggota Pos karena keduanya sering berolahraga bersama anggota Pos.

“Dikarenakan hasil RDT menunjukan positif, untuk itu kami sementara di rumah sehat Pos Mosso dengan menginfusnya selama semalam. Cairan Infus tersebut kami beri parecetamol untuk menghilangkan demam dan kami beri obat doksisiklin sebagai obat anti malaria,” jelas Letda Inf Hary Bagus selaku Komandan Pos.

Sementara itu, salah satu pemuda yang mendapat pertolongan pertama bernama Saban menyampaikan, setelah diberikan cairan Infus, demamnya menjadi tidak begitu terasa, namun masih dirasa sakit pada bagian persendian dan tulang. “Terima kasih Pos Satgas Mosso telah merawat saya. Semoga bisa segera sembuh seperti sedia kala,” ucapnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of