Peringati Hari Pahlawan Prajurit Yonmarhanlan XII Kawal Acara Tabur Bunga

TNI AL

Jakarta. Sebagai bentuk ucapan syukur dan untuk mengenang jasa – jasa para pejuang dan pahlawan Bangsa Republik Indonesia yang telah gugur, Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa “Yonmarhanlan XII” Pontianak melaksanakan pengamanan prosesi tabur bunga di Sungai Kapuas. Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 – Sungai Beliung, Pontianak – Kalimantan Barat. Selasa (10/11/2020).

Kegiatan Menabur bunga yang dilaksanakan di Sungai Kapuas Lantamal XII Pontianak merupakan rangkaian dari kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan RI ke 75 tahun 2020. Sekaligus sebagai bentuk tanda penghargaan atas perjuangan pahlawan saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, juga sebagai momen yang tepat untuk memupuk rasa nasionalisme pada setiap orang.

Di atas Kapal TNI Angkatan Laut Lumukutan, selaku inspektur upacara Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan, bahwa. “Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar, untuk itu diharapkan agar peringatan Hari Pahlawan tidak hanya sebatas seremonial saja. Namun, dimaknai dengan menanamkan semangat dalam diri karena sejalan dengan Tema Peringatan Hari Pahlawan yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa” kata Danlantamal.

Terkait kelancaran pelaksanaan Tabur Bunga, Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa dengan sarana Sea Reader, mendapat tugas khusus dari satuan atas untuk mengawal dan mengamankan rangkaian kegiatan tersebut pada sektor laut/ sepanjang Sungai Kapuas baik personil, material, dan kegiatan sebagai upaya preventif terhadap gangguan atau ancaman dari pihak luar yang kemungkinan menjadi hambatan terhadap prosesi acara Tabur Bunga sehingga diharapkan acara yang sakral untuk mengenang jasa para pahlawan Republik Indonesia berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of