Dankormar Lepas Satgas Kontingen Garuda Korps Marinir Ke Lebanon

TNI AL

PK.  (Jakarta). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., memimpin Upacara Pemberangkatan prajurit Korps Marinir yang akan melaksanakan Satuan Tugas (Satgas) TNI Konga (Kontingen Garuda) _Unifil_ TA. 2020 di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, No.40 Kwitang, Jakarta Pusat. Senin (07/12/2020).

Upacara pelepasan tersebut dipimpin Komandan Korps Marinir dan Satgas yang melibatkan 186 prajurit Korps Marinir tersebut meliputi Satgas Yonmekanis Kontingen Garuda XXIII-M/UNIFIL, Satgas Force Protection Company (FPC) kontingen Garuda XXVI-G2/UNIFIL, 2 (dua) personil tergabung dalam Satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) Kontingen Garuda XXVI-G1/UNIFIL dan 1 (satu) personil tergabung dalam Military Staf Kontingen Garuda.

Dalam amanatnya Dankormar menyampaikan, bahwa penugasan yang akan dilaksanakan merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke empat yang berbunyi “Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Kemudian selain menjaga keamanan dan perdamaian di tengah-tengah masyarakat Lebanon Selatan, kalian juga bertugas membangun kembali kepercayaan diri masyarakat Lebanon Selatan agar mampu menjalankan aktifitas sehari-hari sebagaimana mestinya. Dan jangan lupa keberhasilan demi keberhasilan telah diraih oleh para pendahulu kalian semejak dimulainya misi ini pada tahun 2006 silam, citra dan nama baik Indonesia telah mendapat dihati masyarakat setempat dan juga mendapat apresiasi dari kontingen negara-negara lain.

“Satgas yang akan diberangkatkan saat ini juga diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga prestasi yang sudah dicapai oleh Satgas-Satgas sebelumnya dapat dipertahankan, bahkan apabila memungkinkan dapat ditingkatkan prestasinya.

Harapan ini harus dipertanggungjawabkan oleh anggota Satgas karena menyangkut citra Negara Kesatuan Republik Indonesia di mata Dunia Internasional. Untuk itu, diperlukan sikap mental yang kuat, jiwa yang tegar, disiplin yang tinggi dan kecerdasan berpikir dalam mengambil keputusan yang tepat dan akurat”, tambah orang nomor satu di jajaran baret ungu itu
Hadir pada kegiatan tersebut: Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M. Tr (Han), Ir Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Danpasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Wurjanto, M.Han., Pejabat Utama Mako Kormar serta Dankolak Kormar.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of