DANLANTAMAL X TERIMA TIM UJI PETIK BINOPSLAT MABES TNI ANGKATAN LAUT

TNI AL

PK,.JAYAPURA,.—Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., menerima tim uji petik Staf Operasi Mabes TNI Angkatan Laut (Sopsal) yang dipimpin oleh Paban I Ren Sopsal, Kolonel Laut (P) I.G. Putu Aswan C, M.M., CHRMP., di Ruang Rapat Mako Lantamal X. Jumat (18/12/2020).

Dalam kunjungan kerjanya di Mako Lantamal X, tim Sopsal melaksanakan uji petik kegiatan pembinaan operasi dan latihan, pengamanan pulau terluar dan pengamanan perbatasan negara yang dijalankan oleh Lantamal X.

Baca Juga :  Danyonhow 2 Mar Pimpin Pengukuhan Pasiops
Dalam sambutannya saat menerima dan memberikan taklimat pada pebukaan kegiatan tersebut, Komandan Lantamal X menyampaikan bahwa tugas pokok Lantamal X mencangkup dukungan logistik dan administrasi satuan operasi pembinaan potensi maritim kekuatan pertahanan keamanan negara, operasi keamanan laut terbatas wilayah kerja Lantamal X yang mencangkup dari Pulau Mapia sampai perbatasan PNG. Selain itu, tugas pokok Lantamal X dalam bidang operasi adalah mengamankan wilayah perairan Utara Papua.

Komandan Lantamal X dalam kesempatan itu juga memerintahkan kepada Staf Operasi Lantamal X untuk memberikan data yang dibutuhkan tim dari Mabes TNI Angkatan Laut, demi kelancaran dan keefektifan kegiatan.

“Kepada tim uji petik yang akan melaksanakan pemeriksaan terkait hal Binopslat, Ops Pamtas dan Ops Pam Puter untuk berkoordinasi dengan staf operasi Lantamal X tentang apa yang diperlukan dalam melaksanakan uji petik.”, ungkap Laksma Yeheskiel.

Sementara itu Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut (P) I.G. Putu Aswan C, M.M., CHRMP., mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan fungsi kontrol pimpinan terhadap kegiatan bidang koperasi dan latihan sebagai bentuk pengendalian penganggaran kegiatan bidang operasi dan latihan.

“Maka perlu dilakukan pengecekan secara langsung atau uji petik oleh pelaku program di setiap tingkatan uji petik ini dilakukan untuk melihat proses kegiatan di setiap tahapan yang telah dan sedang berlangsung di satuan kerja atau Lantamal.”, terang Kolonel Laut (P) I.G. Putu Aswan.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sebagai pemantauan dan evaluasi program bidang operasi dan latihan, khususnya operasi pengamanan pulau terluar dan perbatasan secara terprogram yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan dari program tersebut melalui kegiatan bimbingan teknis dan uji petik, sehingga diharapkan terjalin sinkronisasi program-program yang telah disusun oleh Sopsal dengan pelaksana di lapangan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari berbagai permasalahan bidang operasi dan latihan yang terjadi di lapangan.”, tambahnya.

“Saya berharap kerjasama untuk memberi masukan dan saran terkait hambatan-hambatan dalam pelaksanaan operasi pengamanan Pulau terluar dan wilayah perbatasan.”, pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula Danlantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H. menerima Buku Isyarat Manuvra Armada yang diserahkan oleh Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut (P) I.G. Putu Aswan C, M.M., CHRMP.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wadanlantamal X Kolonel Mar Daniel Kreuta, para Asisten Danlantamal X serta para Kadis/Kasatker Lantamal X.

(Dispen Lantamal X Jayapura).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of