“Satkor Koarmada II Bekali Prajuritnya Kemampuan Sea Survival “

TNI AL

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 24 Maret 2021.Satkor Koarmada II sebagai Satuan Unsur Kombatan TNI Angakatan Laut yang membawahi Prajurit serta Alustista KRI, menuntut Kemampuan dan Kesiapan prajuritnya dalam melaksanakan Operasi. Maka dari itu Satkor menggelar Latihan Sea Survival TA. 2021 guna merefresh kembali kemampuan dasar teori dan praktek untuk bertahan hidup di tengah laut dalam kemungkinan terburuk jika terjadi kecelakaan di tengah laut.

Latihan Sea Survival dilaksanakan selama 5 hari yang dilaksanakan di Ruang Tactical Floor Games Satkor Koarmada II dan Ponton Gurita Dislambair Mako Koarmada II dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Dalam latihan yang dibuka oleh Dansatkorkoarmada II Kolonel Laut (P) Endra Hartono, S.H. ini diikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama Unsur Satkor serta melibatkan Instruktur dari Dislambair Koarmada II. Pada latihan ini dibagi menjadi dua metode yaitu secara Teori dan Praktek diantaranya Pengertian, Tantangan dan Dasar Sea Survival, Kedaruratan dalam Kondisi Cuaca, Tindakan Kedaruratan, Gangguan Kesehatan, serta mencari Sumber Makan dari Air, Makanan dan Ikan.

Sedangkan pada materi praktek akan dilatihkan kemampuan mengapung tanpa alat dan menggunakan alat, serta kemampuan renang dasar dan penggunanaan alat apung berupa Perahu Karet dan Life Craft.

Dalam sambutannya Kolonel Endra-sapaan karib Dansatkor Koarmada II berharap materi-materi tersebut dapat digunakan dan dikedinasan baik dalam tugas operasi maupun latihan. ” Kemampuan Sea Survival adalah hal yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh Prajurit Matra Laut yang mana akan melaksanakan Operasi-operasi yang mempunyai resiko tinggi, “ Ungkapnya.

“ Kesuksesan sebuah Latihan maupun operasi adalah Latihan secara bertingkat, berjenjang dan berkelanjutan menjadi salah satu bentuk dari pembinaan personil, baik itu sebagai pengalaman maupun sebagai pengimplementasian di lapangan yang nantinya menjadi tuntutan dalam tugas operasi dan juga latihan yang akan dilaksanakan oleh Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, ” pungkas Kolonel Endra.

Baca Juga :  Danlanal Tegal Ikuti Gelar Apel Kesiapan Terpadu Kesiapsiagaan Bencana Alam

(Pen2).

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of