OLAH RAGA MAMPU MENGUBAH DUNIA, SATGAS PAMTAS YONIF 403/WP BANGUN SEMANGAT NASIONALISME DAN KOMUNIKASI YANG SOLID DENGAN MASYARAKAT DI PERBATASAN PAPUA

TNI AD

PEGUNUNGAN BINTANG, – Olahraga memiliki kemampuan untuk mengubah dunia, tidak hanya untuk menginspirasi antara individu dengan individu saja namun juga dapat mempersatukan mereka dalam satu semangat nasionalisme. Hal tersebut yang menjadi dasar personel Pos Batom mengajak bermain bola voli masyarakat Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu, (14/04/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kepada para Danpos berikut personel Posnya disamping melaksanakan tugas pokok pengamanan perbatasan agar tetap selalu menjaga kebugaran tubuhnya dengan melaksanakan olahraga ringan guna sekedar memanaskan tubuh agar tetap seimbang.

“Para Danpos agar selalu menghimbau dan mengajak personel di Posnya untuk rutin berolahraga menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan bugar dengan melaksanakan olahraga ringan diantaranya bermain bola voli guna sekedar memanaskan tubuh agar tetap seimbang.” Tutur Ade.

Di tempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis Didik T mengungkapkan bahwa kegiatan bermain bola voli ini merupakan wahana komunikasi sosial yang dilakukan Personel Pos Batom kepada Masyarakat sehingga komunikasi secara dua arah bahkan lebih yang dilakukan dengan tanpa sadar membentuk keakraban, soliditas tim dan semangat sportifitas, selain itu manfaat bermain bola voli bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu meningkatkan kekuatan tubuh, memperlancar metabolisme tubuh, membangun ketangkasan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh, menyehatkan jantung, membangun kekuatan otot-otot, dan meningkatkan kemampuan aerobik tubuh.

“Melalui olahraga bola voli ini selain sebagai wahana komunikasi dua arah bahkan lebih yang dilakukan dengan tanpa sadar membentuk keakraban, soliditas tim dan semangat sportifitas yang baik antara personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dengan masyarakat dilingkungan Pos Batom, selain itu bermain bola voli juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita diantaranya meningkatkan kekuatan tubuh, memperlancar metabolisme tubuh, membangun ketangkasan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh, menyehatkan jantung, membangun kekuatan otot-otot, dan meningkatkan kemampuan aerobik tubuh.” Pungkas Halis.

Baca Juga :  Babinsa Kodim 0824 Jember Percepat Pembangunan RTLH

Hal tersebut yang memberikan ide bagi Danpos Batom, salah satu pos terdepan jajaran Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 403/Wirasada Pratista untuk melaksanakan kegiatan olahraga bola voli bersama masyarakat yang ada di sekitaran Pos.

Distrik batom yang berada di wilayah pegunungan bintang merupakan salah satu daerah dengan endemis malaria yang sangat tinggi, hal ini telah menjadi perhatian khusus bagi Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang selalu menekankan kepada para Danpos disamping melaksanakan tugas pokok pengamanan perbatasan agar tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melaksanakan olahraga ringan guna sekedar memanaskan tubuh sehingga tetap seimbang.

“Disela – sela olahraga, melalui obrolan ringan kami semangati anak – anak muda Batom dengan segala keterbatasan yang ada tetapi semangat tetap membara agar tetap belajar yang rajin, sekolah yang baik sampai lulus sehingga bisa menjadi modal hidupnya nanti dimasa depan kelak, bangga sebagai orang Papua, bangga sebagai orang Indonesia.” tambah Halis.

Senada dengan hal itu, Risky Langer (15) mengatakan, sangat senang bermain bola voli bersama dengan Personel Pos Batom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, selain abang-abagnya baik, pintar bermain voli, juga sudah memfasilitasi lapangan olah raga voli dengan bola voli dan net nya yang baru sehingga membuat masyarakat semakin bersemangat dalam bermain bola voli.

“Sangat senang bermain voli bersama dengan abang – abang pos, mereka baik, pintar main voli, apalagi bola dan net nya baru diganti sama abang Pos membuat kami semakin bersemangat dalam bermain voli.” Kata Risky. (Pen Satgas Yonif 403/WP)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of