Kadislitbangad Pimpin Rapat UN I Jukgar Litbang Sismet

TNI AD

PK. JAKARTA, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama,S.I.Kom.,M.M., memimpin rapat Uji Naskah-I Petunjuk Penyelenggaraan (Jukgar) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sistem dan Metode (Sismet) yang dihadiri oleh 40 peserta dari Kotama/Balakpus TNI AD bertempat di Ruang Satiti Madislitbangad, Senin (7/6/2021).

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Rapat Uji Naskah (UN) I merupakah rapat yang dilaksanakan untuk menguji naskah yang sudah dibuat oleh Kelompok Kerja (Pokja) dengan mengundang perwakilan Kotama/Balakpus TNI AD komunitas doktrin, untuk memberikan saran dan masukkan terkait dengan materi yang diuji sehingga diharapkan naskah tersebut berkualitas, valid, dan dapat dioperasionalkan.

Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa Litbang Sismet merupakan salah satu kegiatan di lingkungan TNI AD yang bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru, mencari jalan pemecahan masalah ataupun mencari penjelasan-penjelasan tentang suatu fenomena yang berhubungan dengan Sismet, dilaksanakan secara ilmiah dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Angkatan Darat.

Kegiatan Litbang Sismet tersebut memerlukan Jukgar sebagai pedoman penyelenggaraan, di mana Jukgar Litbang Sismet merupakan penjabaran dari Doktrin Litbang. Jukgar ini secara garis besar membahas tentang penyelenggaraan Litbang Sismet yang meliputi bidang Doktrin, Organisasi, Operasi, serta Peraturan.

“Jukgar Litbang Sismet disusun dengan mengacu pada doktrin di atasnya yaitu Petunjuk Induk (Jukin) Penelitian dan Pengembangan, Jukgar Litbang Sismet merupakan jabaran dari Jukin Litbang sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dan acuan yang valid dan akuntabel dalam menyelenggarakan kegiatan Litbang Bidang Sistem dan Metode,” ujarnya.

” Selanjutnya terima kasih kepada tim pokja yang sudah melaksanakan tahapan kegiatan mulai dari rapat internal pokja, dilanjutkan dengan penyusunan naskah, rapat Pra Uji Naskah, serta konsultasi dengan staf Pabandokjuk Sdirdok Kodiklatad. Melalui tahapan kegiatan tersebut, tim pokja telah mendapatkan banyak masukkan dan saran, baik dari segi format, tata cara penyusunan, ketentuan tulisan dinas, maupun esensi dari isi naskah selanjutnya pada rapat UN-I ini,” pungkasnya.

Baca Juga :  Satgas Yonmek 643 Latih Paskibra di Perbatasan Entikong

Selanjutnya Ketua Pokja Kolonel Inf Lambok Sihotang, Kasubdisorgsismet Dislitbangad mengatakan bahwa tim pokja sangat mengharapkan adanya saran, masukkan dan tanggapan dari para peserta rapat guna menyempurnakan naskah jukgar yang sedang disusun. masukan dan saran dari seluruh peserta rapat akan sangat bermanfaat dalam upaya menghasilkan jukgar yang berkualitas sehingga layak untuk dilanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu Uji Naskah-II yang diselenggarakan di Makodiklatad. (Dispenad)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of