Latihan Cakra Wahana Paksa, Pesawat Latih Mendarat Di Lanud J.B. Soedirman

TNI AU

PK,.PURBALINGGA,.—Komandan Lanud J.B. Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan S.T., M.M. didampingi Kadisops Lanud J.B. Soedirman Mayor Tek Muhajir Dwi A.N., S.T. menyambut kedatangan Pesawat Latih Taruna dan Taruni AAU di Apron Lanud J.B. Soedirman, Purbalingga Kamis (15/7/2021). Kedatangan pesawat berjenis Cessna tersebut dalam rangka Latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) yang di Komandani oleh Kolonel PNB Sonny Irawan, S.E.,M.M dengan beberapa siswa Taruna dan Taruni AAU tingkat IV.

Latihan CWP merupakan salah satu program pendidikan dan latihan utamanya bagi Taruna/Taruni AAU Tingkat IV yang dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembentukan matra udara. Dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para Taruna/Taruni tentang aplikasi operasi dukungan udara, diantaranya praktek navigasi udara, peraturan lalu-lintas udara, meteorologi, peran dan tugas awak pesawat, serta operasional pangkalan udara.

Latihan tersebut telah berlangsung sejak 5 Juli dan direncanakan hingga pertengahan Agustus mendatang. Para Taruna/Taruni AAU tingkat IV tersebut akan melaksanakan rangkaian latihan dengan bernavigasi ke berbagai daerah, diantaranya Lanud Iswahjudi Madiun dan melintasi wilayah udara kota Purbalingga, Jawa Tengah. Ini merupakan implementasi dari kurikulum pendidikan di AAU dalam rangka menyiapkan para Taruna/Taruni menjadi calon Perwira TNI Angkatan Udara masa depan.

Danlanud J.B. Soedirman mengatakan meski di tengah pandemi Covid-19, latihan Cakra Wahana Paksa tetap didukung secara optimal. “Pendukung latihan, agar memahami dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing dengan tetap mengutamakan safety dalam pelaksanaannya”, tegas Danlanud.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of