Gunakan Heli Super Puma, Danlanud Rsn Bersama Bupati Kampar Tinjau AWR Siabu

TNI AU

PK. Riau,. —Dengan menggunakan Helikopter Superpuma milik TNI AU yang di awaki oleh Kapten Pnb Fitriandi, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., bersama Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto, S.H.,M.H., meninjau secara langsung lokasi latihan menembak TNI AU di Air Weapon Range (AWR) Siabu Desa Padang Mutung Kebupaten Kampar-Riau, Senin (9/8/21).

Turut mendampingi, pejabat Lanud Rsn, Kadisops Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wahananto, S.E., sedangkan dari pejabat Kampar turut mendampingi Plt.Kepala Dinas Kominfo Kampar Yuricho Efril, S. S.T.P., Kasikominfo Kampar Supardi dan perwakilan BRI cabang Sudirman Rachmatul.

Disela-sela peninjauan tersebut, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., mengatakan, hari ini, Senin 09/08 di Air Weapon Range (AWR) kami bersama dengan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH dengan menggunakan Helikopter, intinya adalah untuk melihat Air Weapon Range (AWR) atau tempat penembakan pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Lanud Roesmin Nurjadin sebagai latihan untuk penembakan, bahwa Bupati ingin mengetahui secara pasti lokasi penembakan pesawat- pesawat TNI AU.

“Kemudian AWR Siabu ini merupakan wilayah Kabupaten Kampar, tentunya kami mengajak Bupati untuk mengetahui secara dekat apakah itu melalui udara atau peninjauan ke lokasi lewat daratan secara langsung tempat penembakan pesawat tempur, setiap saat kami melakukan latihan-latihan yang sudah terjadwal” Kata Andi Kustoro, S.E.

Saat ditanyakan kedepannya, Danlanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., mengatakan, berkaitan dengan pengembangan lahan yang begitu luas dan menarik simpatisan masyarakat, kedepannya kami bersama Bupati sudah membicarakan bahwa AWR Siabu ini akan jadikan sebagai sarana edukasi wisata militer, sehingga masyarakat di sekitar AWR Siabu atau masyarakat Kabupaten Kampar, ketika ada pesawat TNI AU mengadakan latihan pengebomam atau penembakan masyarkat diharapkan dapat melihat secara langsung bagaimana TNI AU berlatih, baik itu berkaitan dengan penembakan/ roketing, atau segala macam penembakan dari udara ke darat” Katanya lagi.

Baca Juga :  Reviu Laporan Keuangan UO TNI AU T.A 2019 di RSPAU dr. S Hardjolukito

Lebih lanjut Andi Kustoro, S.E., menjelaskan, mau tidak mau kita ajak Bupati dengan pejabat lainya untuk menyaksikan area tempat penembakan pesawat tempur milik TNI AU, sehingga kedepan jika ada pengembangan dapat dijadikan sebagai sarana wisata Militer.

Sementara itu Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, M.H., mengatakan, Alhamdulilah saya bersyukur dan senang terbang bersama Danlanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dengan menggunakan Heli Super Puma dalam agenda melakukan peninjauan secara langsung, baik dari udara dengan menggunakan Helikopter maupun di daratan, hal ini dalam rangka memastikan tempat latihan menembak pesawat tempur TNI AU di Area AWR Siabu yang berada di wilayah Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Padang Mutung Kecamatan Kampar, selain itu dapat melihat dengan jelas dari ketinggian lokasi hutan di daerah kami.

“Tepatlah kiranya apa yang dikatakan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, bahwa latihan yang dilakukan pesawat tempur TNI AU, diharapkan dapat jadikan sebagai wisata Militer, dan masyarakat dapat menyaksikan secara langsung dan sekaligus agar masyarakat lebih dekat dengan TNI AU”, Tambah Catur lagi.

H.Catur Sugeng Susanto menambahkan, bahwa ketika ada latihan militer TNI AU, masyarakat tidak perlu lagi merasa takut, dimana dulunya ada kesan takut ketika ada latihan menembak. Kedepannya tidak perlu ditakutkan lagi, ini tentunya akan membawa dampak yang lebih baik atau multiplayer efek terhadap kesejahteraan dan selaligus tempat wisata bagi masyarakat Kabupaten Kampar.

“Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mendukung terhadap destinasi wisata yang sudah ada maupun terhadap wisata buatan seperti ini, apalagi dimasa Pendemi Covid-19 ini. Pemerintah terus menghalalkan hal ini, Kita sangat memberikan dukungan dan support kepada TNI AU khususnya Lanud Rsn dalam bentuk sarana dan prasarana untuk kemajuan wisata di Kabupaten Kampar ” Tutup Catur lagi.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of