Koopssus TNI Ikut Misi Ke Afganistan: 26 WNI Berhasil Dievakuasi

Hankam

PK. Jakarta,. —Komando Operasi Khusus (Koopssus) Tentara Nasional Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan dari negara untuk mengawal misi kemanusiaan penjemputan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kota Kabul, Afganistan, Rabu s.d Sabtu (18-21 Agustus 2021).

Kolonel Pas Dilli Setiawan (Asintel Koopssus TNI) yang mendampingi Tim Penjemputan dari Kementerian Luar Negeri, menyebutkan ada 26 orang WNI yang berhasil dievakuasi dari Ibukota Kabul, Afghanistan, termasuk lima warga negara Filipina.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sesaat setelah ke 26 WNI tiba di tanah air menjelaskan kondisi warga Indonesia yang dievakuasi semuanya dalam kondisi baik.

Sebagaimana diketahui, penjemputan WNI ke Afghanistan menggunakan pesawat TNI AU yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada 18 Agustus 2021, pukul 06.00 Wib.

Rute yang ditempuh pesawat adalah Jakarta – Aceh – Colombo – Karachi – Islamabad – Kabul. Dari awal keberangkatan pesawat memang dirancang untuk bermalam di Islamabad. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan bahwa, penerbangan Islamabad-Kabul sangat pendek yaitu sekitar satu jam atau kurang dari satu jam, dan pesawat dapat bergerak cepat jika kesempatan landing diberikan waktu-waktu, lanjut Retno.

Izin memasuki wilayah udara Islamabad diperoleh Kementerian Luar Negeri pada 18 Agustus pukul 20.27 waktu setempat. Selanjutnya Kementerian Luar Negeri terus berupaya dan berkoordinasi untuk mendapatkan slot pendaratan di Bandara Hamid Karzai Kabul.

Setelah izin landing didapatkan dari otoritas Kabul, kemudian Pesawat TNI AU berangkat dari Islamabad pukul 04.10 dan tiba pukul 05.17 di Bandara Hamid Karzai Kabul, pesawat berada di bandara Kabul selama kurang lebih dua jam dari 30 menit rencana awal.

Pesawat TNI Angkatan Udara terbang dari Kabul pukul 07.10 dan tiba kembali di Islamabad pukul 08.11 waktu setempat untuk refuel dan kemudian kembali terbang mengenakan rute yang sama.

Baca Juga :  Prajurit TNI Tangkap Pengedar Narkoba di Dermaga Donggala Palu

Tim Evakuasi Koopssus TNI, bersama dengan Tim Kementerian Luar Negeri, Bais, BIN dan dari Satbaravo TNI tiba kembali di Bandara Halim Perdanakusuma pagi hari ini pukul 21 Agustus 2021 pukul 03.05 WIB, disambut oleh Menteri Luar Negeri, Panglima TNI, dan pejabat TNI lainnya serta pengamanan ketat dari Koopssus TNI dan Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of