TNI AL Gelar Donor Darah Plasma Konvalescent Serentak, Gubernur AAL Ikuti Vicon Bersama Kasal

TNI AL

PK. AAL, Surabaya (12/8).
Pada Pelaksanaan Donor Plasma Konvalescent dan Donor darah Reguler yang digelar serentak dijajaran TNI AL, Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han), didampingi Wagub AAL, Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr.(Han), mengikuti video conference bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Kamis (12/8).

Dalam pelaksanaan acara tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bersama Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, M.Jusuf Kalla dan para pejabat utama Mabesal lainnya melaksanakan Vicon di Kolinlamil, Jakarta.

Kasal dalam penjelasannya mengatakan bahwa kebutuhan darah, khususnya Plasma Konvalescent sangat tinggi pada saat pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu TNI AL berinisiatif mengajak dan menggugah para penyintas di lingkungan keluarga besar TNI AL, untuk bersama-bersama mendonorkan darah plasmanya guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk itu kita menggandeng PMI dan jajarannya di seluruh Indonesia untuk secara bersama-sama melakukan hal ini dalam rangka membantu dan percepatan pengananan pandemic covid-19 di Indonesia,” terang Kasal.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal menyapa secara acak beberapa satuan dijajaran TNI AL yang secara serentak menlaksanakan kegiatan Donor darah ini diantaranya di kota Surabaya, Sabang, Manado dan Sorong, Papua.

Sementara itu Ketua Umum PMI mengapresiasi apa yang dilakukan Kasal dan jajaran TNI AL diseluruh Indonesia untuk membantu PMI dalam penyiapan stok darah, baik plasma konvalescent maupun stok darah regular.

Ia berharap apa yang dilakukan TNI AL ini dapat di ikuti instansi-instansi lainnya. Ia mengakui dari 225 Unit PMI di seluruh Indonesia, baru 41 unit PMI saja yang bisa melaksanakan pelayanan Donor Darah Konvalescent ini, mengingat investasi untuk ini terbilang mahal di atas 1 milyar per unit, namun hal tersebut akan terus diupayakan dalam pengadaannya kedepan secara bertahap.

Baca Juga :  DANLANAL CILACAP PIMPIN APEL KHUSUS DI JAJARANNYA

Untuk pelaksanaan di AAL sendiri kata Gubrnur AAL, menargetkan terlaksananya screening terhadap 105 penyintas Covid-19 dari kalangan prajuri, PNS dan Taruna AAL, serta diharapkan 200 kantong darah dari Donor Darah Regular prajurit, PNS dan Taruna AAL.

“Kita berharap dari 105 yang melakukan screening Plasma Konvalescent ini dapat memenuhi syarat semua, sehingga akan menambah cadangan plasma konvalescent di PMI dalam rangka membantu masyarakat yang saat ini masih dirawat di rumah sakit karena terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of